PT Unggul Wahana Energy Berbagi Hewan Qurban – Kendari Pos
Metro Kendari

PT Unggul Wahana Energy Berbagi Hewan Qurban

PT Unggul Wahana Energy Berbagi Hewan Qurban

KENDARIPOS.CO.ID — Satu lagi perusahaan Nasional yang bergerak di bidang energy baru terbarukan Bioethanol hadir di daerah ini. Namanya PT Unggul Wahana Energy, perusahaan ini tahap awal akan membuka lahan perkebunan guna keberlanjutan bisnisnya. Meskipun usahanya baru masuk tahap perizinan lahan, di moment Hari Raya Idul Adha pihaknya juga berbagi hewan qurban di Bombana, hewan kurban ini diserahkan oleh GM PT Unggul Wahana Energy S.Arif Wibowo dan diterima langsung oleh Imam Masjid Raya Bombana, H.Makmur.
Menurut GM Unggul Wahana Energy, proyek bioethanol yang merupakan proyek strategis nasional tersebut, akan segera didirikan pabriknya di daerah Bombana. Untuk tehnologinya perusahaan ini bekerjasama dengan perusahaan dari Jerman, dan diperkirakan akan menelan investasi tahap pertama senilai Rp 7 Trilyun. Begitu pula kebutuhan tenaga kerja lokal sekitar 10 ribu orang. “Tahapannya

saat ini baru proses perizinan lahan untuk penanaman bahan baku bioethanol Nabati dari Cassava (singkong -red), diperlukan sekurang – kurangnya 32.000 Ha, yang meliputi daerah Bombana dan Konawe Selatan,”jelasnya.

Menurutnya perusahaan ini merupakan proyek strategis nasional pertama dan satu – satunya di Indonesia yang akan berdiri di Sultra. “Gubernur Sultra Bapak Ali Mazi, Bupati Bombana , Bupati Konsel serta jajaran birokrasi terkait sangat mendukung rencana pendirian pabrik bioethanol ini, demi mendukung pemerintah pusat untuk mewujudkan ketahanan energi nasional,” katanya.

PT Unggul juga akan memberdayakan masyarakat setempat untuk bekerjasama dengan perusahaan dengan sistem plasma peternakan penggemukan sapi. Yakni dengan memberikan pakan ternak dengan limbah pabrik, nantinya
sapi-sapi yang dikelola masyarakat setempat akan dibeli oleh perusahaan setelah sapi siap potong. “Sebaliknya limbah dari peternak ini yang akan dibeli perusahaan sebagai pupuk organik perkebunan perusahaan,” rincinya.

Arif menuturkan, bila proyek tersebut berjalan lancar, sudah pasti dua wilayah ini akan maju dan dikenal banyak pihak. Sudah pasti hal ini akan menarik investor lainnya untuk menanamkan investasinya di Sultra. “Saya yakin eksistensi perusahaan ini akan menambah income daerah dan pertumbuhan ekonomi secara mikro maupun makro,” paparnya.

Pihak managemen pun memohon dukungan Pemda dan masyarakat agar bisa segera terlaksananya proyek tersebut. “Industri ini sangat ramah lingkungan sebab industri ini berbasis agro industri,”katanya.

Menurutnya pabrik ini akan mencapai 0,5% dari target pemerintah untuk menuju program E 5 pada tahun 2021, sehingga dibutuhkan pabrik dengan kapasitas yang sama sebanyak 10 unit lagi di seluruh Indonesia. “Biothanol adalah zat adiktif untuk campuran bensin yang ramah lingkungan karena terbuat dari nabati (bio) yang mengurangi gas buang, menambah performa mesin dan mesin akan lebih irit bahan
bakar,” pungkasnya. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy