Praktik Pendidikan Vokasi UHO Berlangsung Mandiri – Kendari Pos
Edukasi

Praktik Pendidikan Vokasi UHO Berlangsung Mandiri

Arman Fasli, ST., MT.

KENDARIPOS.CO.ID — Adanya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang cukup besar bagi mahasiswa Pendidikan Vokasi Univeristas Halu Oleo (UHO). Terlebih lagi, mahasiswa Vokasi dalam pembelajaranya dituntut untuk lebih banyak mempelajari bagian teknis dengan praktek secara langsung. Kendati demikian kondisi tersebut bukan menjadi alasan bagi mahsiswa Vokasi UHO. Sebab, seluruh mahasiswa di arahkan melakukan praktek langsung secara mandiri di daerah masing-masing.

Direktur Pendidikan Vokasi UHO Arman Fasli, S.T.M.T., menuturkan bahwa sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara (Sultra), mahasiswa Pendidikan Vokasi UHO melakukan perkuliahan Daring, dan praktikum langsung.

“Selama pandemi Covid-19, kita mengarahkan praktik langsung mahasiswa tetap berlangsung. Namun ini dilaksanakan di daerah masing-masing dengan memanfaatkan media yang mudah didapat,” ungkapnya pada Kendari Pos, Selasa (25/8).

Lanjut dia, selama pandemi pihaknya terus berupaya untuk mengoptimalkan perkuliahan secara Daring, termasuk dalam praktik. Sebab dalam Pendidikan Vokasi sebisa mungkin, mahasiswa harus melangsungkan praktik sekitar 60 persen.

“Jadi mahasiswa melakukan praktik kerja secara madiri di rumahnya. Seperti praktik pengelasan bagi mahasiswa Teknik Mesin, mereka akan mendapatkan pengarahan dari dosen mata kuliah melalui aplikasi Zoom atau tutorial yang dikirim melalui vidio. Kemudian mahasiswa bisa mempraktikkan langsung dirumah dengan media yang ada dengan mencari bengkel yang ada di sekitar tempat tinggalnya untuk melakukukan praktik,” terangnya.

Diakuinya, praktik kerja yang dilakukan secara mandiri tersebut tidak menghambat proses perkuliahan mahasiswa Pendidikan Vokasi. Sebaliknya, bisa memberikan keselamatan kepada mahasiswa maupun dosen dengan tidak perlu hadir dalam kampus. “Proses pembelajaran tetap berlangsung. Hanya mekanismenya saja yang berbeda. Intinya meskipun pandemi seluruh mahasiswa kami tetap melaksanakan perkuliahan dengan melakukan pengadaptasian teknologi. Sedangkan praktik pada mahasiswa jurusan Statistika, Arsitektur hingga Sipil juga melakukan praktik kerja secara mandiri,” katanya.

Sebagai informasi, Pendidikan Vokasi UHO saat ini memiliki lima jurusan, yakni D3 Teknik Sipil, Statistika, Mesin, Arsitektur dan Elektronika. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy