Populasi Sapi Konawe Ditarget 175 Ribu Ekor – Kendari Pos
Konawe

Populasi Sapi Konawe Ditarget 175 Ribu Ekor

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Konawe memiliki luas lahan yang cukup besar dibanding daerah lain di Sulawesi Tenggara (Sultra). Makanya, pengembangbiakan ternak sapi pada wilayah daratan Konawe cukup potensial untuk dilakukan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga semakin serius mengembangkan sektor peternakan sebagai tumpuan ekonomi warga. Melalui program sejuta sapi, Pemkab menargetkan dalam lima tahun kedepan, populasi ternak itu bisa mencapai 175 ribu ekor.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe, Jumrin S.Pt, mengklaim, daerah itu termasuk zona kelahiran atau penambahan populasi sapi yang tertinggi di Sultra. Sayangnya, ia tak menyebut secara pasti berapa jumlah populasi sapi di Konawe yang ada saat ini. “Untuk sekarang ini, kita baru hitung nanti diakhir tahun. Populasinya ada di kisaran puluhan ribu ekor,” reka Jumrin, Senin (24/8).

Ia menerangkan, untuk mendukung program sejuta sapi di Konawe, diawal tahun 2020 ini pihaknya mengusulkan kembali pengadaan sapi Brahma dengan estimasi biaya Rp 20 miliar. Hanya saja anggaran tersebut direfocusing untuk penanganan Covid-19. Sementara tahun 2019 lalu, Disnakeswan Konawe sudah mendatangkan 1.000 ekor sapi Brahma dari Pulau Jawa. Program itu digagas untuk meningkatkan ketahanan pangan di Konawe khususnya di sektor peternakan.

“Sekaligus bisa menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di tanah Konawe,” ungkap Jumrin. Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara, menyebut, program sejuta sapi bukanlah menghitung jumlah banyaknya populasi sapi di wilayah setempat. Melainkan, berapa bobot dihasilkan dari setiap satu ekor yang dikembangbiakkan lewat program Konawe Gemilang tersebut. Sebab menurutnya, salah satu tolak ukur suksesnya program tersebut yakni harga daging sapi yang dapat dibeli secara terjangkau oleh masyarakat.

“Harga daging di Konawe itu harus berkisar Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu. Dengan begitu, kita ingin seluruh warga Konawe bisa makan daging. Dengan mengonsumsi daging, akan mempengaruhi genetik orang Konawe. Anak-anak muda Konawe pasti gagah-gagah dan bagus postur badannya kalau makan daging,” tandas mantan Ketua DPRD Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy