PNS Bakal Tugas di Desa-desa – Kendari Pos
Metro Kendari

PNS Bakal Tugas di Desa-desa

La Ode Mustari

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sedang menjaring 1,6 juta pegawai negeri sipil (PNS) tenaga administrasi yang berpotensi dialihkan sebagai tenaga fungsional. Mereka akan dikirim ke desa-desa untuk mengisi kekosongan tenaga.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, La Ode Mustari mengaku belum menerima petunjuk teknis (Juknis) kebijakan itu dari pemerintah pusat. “Saya juga baru dapat informasinya dari media. Kalau memang akan ada penerapan seperti itu, secara otomatis kita di daerah akan mengikut kebijakan pusat, ” kata Mustari.

Menurut mantan Pj. Sekprov Sultra itu, wacana itu masih dalam tahap pengkajian. Sebab, jika akan diterapkan, pasti daerah di beritahu lebih dulu, untuk persiapan tenaga administrasi yang berpotensi. “Karena berdasarkan informasi yang saya peroleh, tidak semua dialihkan. Hanya yang punya potensi yang dialihkan. Mereka akan dicek dulu oleh pusat, karena tenaga administrasi yang akan dialihkan itu dari jenjang pendidikan di bawah S1. Lagipula ini tidak langsung semua, masih dilihat mana yang punya potensi dan mana yang tidak. Kalau yang tidak, akan tetap sebagai tenaga administrasi di daerah,” jelas Mustari.

Jika skenarionya yang akan dialihkan dari latar belakang pendidikan S1, hampir dipastikan tidak akan mungkin. “Sebab ketika seseorang menjadi pegawai, walaupun penerimaan awal SMA, ketika sudah ada jabatan mereka akan penyesuaian. Caranya dengan melakukan pendidikan sarjana. Pegawai saat ini memang rata-rata S1. Kalau tenaga administrasi dialihkan ke fungsional kan harus ada keahlian. Mereka juga mau buat apa di desa-desa. Tapi bagus juga kalau untuk pengembangan desa, “kata Mustari.

Karena regulasinya belum turun, Mustari belum mematikan apakah nantinya kebijakan itu berlaku untuk provinsi atau hanya kabupaten dan kota saja. “Yang jelas kalau memang regulasi itu turun, kita akan segera menyesuaikan. Tapi sampai sekarang belum ada,” tutupnya.

Untuk diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan mengenai 1,6 juta pegawai negeri sipil (PNS) tenaga administrasi yang rencananya akan dipindahkan ke desa.

Kata dia, ada kalanya terjadi kekosongan tenaga-tenaga di pedesaan. Oleh karena itu PNS tenaga administrasi ini ditugaskan untuk mengisi kekosongan tersebut. “Secara keseluruhan, terdapat 4,2 juta ASN, 70 persen ada di daerah, dan 1,6 juta di antaranya adalah tenaga administrasi yang tersebar di pusat maupun di daerah. Dalam posisi seperti ini, seringkali tenaga administrasi mengisi kekosongan tenaga-tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan,” ungkapnya.

Plt Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB, Teguh Widjanarko mengatakan PNS yang bekerja di instansi pemerintah pusat tetap akan ditugaskan di pusat.
“1,6 juta (PNS tenaga administrasi) itu ada yang di daerah maupun di pusat. Kalau di pusat tetap di pusat, tapi dikembangkan untuk jabatan-jabatan fungsional yang memang dibutuhkan di pusat,” ujarnya.

Jadi yang akan dikirim mengisi kekosongan tenaga di desa-desa adalah PNS tenaga administrasi yang saat ini bekerja di daerah. “Nah yang di daerah ini, nanti yang tenaga-tenaga administrasi yang potensial ini setelah dididik dan sebagainya, punya kapasitas bagus, mereka bisa dikirim ke daerah-daerah yang kekurangan formasi itu. Nah itulah mereka fungsinya di situ, rencananya seperti itu,” jelasnya.

Teguh menjelaskan pemerintah akan menyaring PNS tenaga administrasi di daerah yang punya kapasitas untuk menjadi tenaga fungsional di desa-desa. “Bukan dialihkan semua tapi yang punya potensi. Dicek dulu sama kita karena tenaga administrasi itu ada yang lulusannya SMA, pokoknya di bawah S1 lah, bahkan ada juga yang di bawah SMA. Nah ini juga kan perlu kita lihat mana yang punya potensi dan mana yang tidak. Kalau yang tidak, ya tetap sebagai tenaga administrasi,” tambahnya. (rah/b/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy