Peserta SKB Wajib Daftar Ulang, Lokasi Tes Tentukan Masing-masing – Kendari Pos
Nasional

Peserta SKB Wajib Daftar Ulang, Lokasi Tes Tentukan Masing-masing

Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) aula di SMKN 1 Kendari pada awal Februari 2020. Mulai September nanti, mereka yang dinyatakan lulus SKD akan mengikuti tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Mereka harus mendaftar ulang mulai 1 hingga 7 Agustus 2020.

KENDARIPOS.CO.ID — Para pemburu Nomor Induk Pegawai (NIP) yang akan “bertempur” di medan perang baru, seleksi kompetensi bidang (SKB) wajib mendaftar ulang. Bagi mereka yang tidak mendaftar ulang dinyatakan mundur dari tahap seleksi. Pelaksanaan tes SKB direncanakan digelar 1 September sampai 12 Oktober 2020 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, La Ode Mustari mengatakan para peserta yang lanjut di tahap SKB harus mendaftar ulang pada laman https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 1 sampai 7 Agustus. “Peserta yang tidak melakukan pendaftaran ulang dinyatakan mundur dengan sendirinya,” ujarnya saat dihubungi Kendari Pos, Minggu (2/8) kemarin.

Mantan Pj.Sekprov Sultra itu melanjutkan, dalam pengumuman resmi Badan Kepegawaian Nagera (BKN) peserta wajib mendaftar ulang melalui akun masing-masing pada laman https://sscn.bkn.go.id. “Selain pendaftaran ulang, peserta SKB CPNS dapat memilih kembali lokasi tes. Peserta juga diperkenankan untuk melakukan perubahan lokasi tes sebanyak 3 kali pada 1-7 Agustus 2020. Tetapi pemilihan lokasi tes hanya bisa dilakukan diwilayah-wilayah yang ada UPT BKN,”kata Mustari.

Peserta dari Baubau yang ikut seleksi di Kendari, bisa tidak melaksanakan tes di Kendari. “Mereka dapat memilih lokasi di Kota Baubau dengan lokasi tes di UPT BKN masing-masing. Namun soal-soal tetap dari BKN pusat semua dan tesnya SKB tetap memaki metode Computer Assisted Test (CAT),”ucap Mustari.

Usai mendaftar ulang, kata Mustari, peserta SKB wajib mencetak kartu tanda peserta ujian SKB mulai 8 Agustus melalui akun peserta pada laman BKN. Tampilan kartu ujian SKB itu mirip dengan kartu ujian SKD. Tercantum data diri, PIN, foto, hingga tanda tangan peserta. “Usai mencetak kartu, peserta menunggu proses penjadwalan tes yang akan dilakukan BKN dan diumumkan di laman masing-masing. Setelah penjadwalan peserta bersiap seleksi bulan September hingga Oktober, sesuai jadwal yang diberikan,”jelas Mustari.

Selain itu, pelaksanaan tes SKB tetap merujuk pada protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19. BKD mengeluarkan aturan sesuai Surat Edaran Kepala BKN Nomor: 17/SE/VII/2020 tentang prosedur penyelenggaraan seleksi CAT BKN dengan Prokes pencegahan dan pengendalian Covid-19).

“Seluruh prokes Covid-19 harus dipatuhi seperti memakai masker, jaga jarak, membawa pensil sendiri, mencuci tangan, mengukur suhu tubuh dan para pengantar dilarang berkerumun. Bahkan jika ada peserta yang suhu tubuhnya lebih dari 37,3 derajat celcius dapat mengikuti seleksi secara terpisah diruang berbeda atau mengikuti tes pada hari berikutnya. Jika dihari berikutnya tetap tidak ikut maka dinyatakan gugur,”ungkap Mustari.

Untuk diketahui, peserta yang melaju ke tahap SKB setiap daerah berbeda-beda. Di Pemprov tercatat sekira 169 peserta berhak melaju ke tahap SKB. “Dari 169 peserta yang lulus, mereka akan memperebutkan 61 kuota. Sebelumnya kuota yang tersedia terdiri dari 62. Namun terdapat satu kuota yakni pada bidang dokter gigi tidak memiliki peminat,” ungkap Mustari.

Di Kabupaten Muna sekira 489 orang akan melaju ke tahap SKB. Di Kolaka, sekira 379 orang berhak mengikuti SKB setelah melalui perankingan. Mereka akan perebutkan sekira 193 formasi CPNSD. Sekira 433 para pemburu NIP di Kabupaten Konut juga bersiap tempur diarena SKB. Di Kota Kendari sekira 296 orang. Buton Utara sekira 364 peserta akan iktu tahap SKB, sedangkan di Konkep sekira 370 orang menuju medan laga bernama SKB. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy