Peringati HUT RI, Pemprov Sultra Bakal Gelar Upacara Sederhana – Kendari Pos
Nasional

Peringati HUT RI, Pemprov Sultra Bakal Gelar Upacara Sederhana


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 boleh saja menyerang imun manusia Indonesia. Covid tak akan mampu memudarkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia. Jiwa patriotisme akan tetap terpatri kuat dalam anak-anak bangsa. Hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan RI 17 Agustus 2020 akan menggaung di seluruh penjuru Indonesia. Pun di Sulawesi Tenggara.

Merah putih sudah berkibar di seluruh pelosok Sultra sejak awal Agustus. Puncaknya, Pemprov Sultra akan menggelar upacara memperingati HUT ke-75 RI di pelataran Kantor Gubernur Sultra. Sesuai rencana, Gubernur Sultra, Ali Mazi bakal menjadi inspektur upacara.

Konsepnya tentu saja akan berbeda dibanding tahun sebelumya akibat pandemi Covid-19 belum berlalu. Peserta upacara sudah pasti dibatasi dan penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat seperti, menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan atau memakai hand sanitizer. Itu telah menjadi keputusan pemerintah.

Bahkan dipertegas lagi dengan kementerian sekretariat negara mengenai pedoman pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Pedoman tersebut juga menjadi acuan bagi seluruh daerah, termasuk Pemprov Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan pihaknya tetap akan menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan. “Upacara tetap kita lakukan dilapangan kantor Gubernur Sultra. Namun, nanti ada pembatasan peserta. Jadi tidak semua bisa hadir seperti sebelum-sebelumnya,” tuturnya saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin (10/8) kemarin.

Ali Mazi mengungkapkan patuh terhadap prokes Covid-19 menjadi syarat mutlak yang harus dijalani oleh pemerintah. “Kita harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Kita minta masyarakat untuk jaga jarak, gunakan masker dan lain-lain maka otomatis sebagai pembuat kebijakan kita pula harus mematuhi hal tersebut,” paparnya.

Menurut politisi NasDem ini hanya dengan patuh dan taat terhadap imbauan dan kebijakan pemerintah menjadi solusi meminimalisir penyebaran atau penularan wabah virus corona atau covid-19. “Kuncinya patuh dan taat. Mari kita bersama-sama memutus mata rantai penyebaran wabah corona atau covid-19,” pinta Ali Mazi.

Pasangan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas itu mengatakan upacara HUT RI 17 Agustus mendatang diselenggarakan secara sederhana dengan meminimalisir kepesertaan dan pasukan pengibar bendera. “Mulai dari pasukan pengibar bendara (Paskibra) dan peserta, jumlahnya diminimalisir. Jadi dilaksanakan dengan sederhana namun khidmat tanpa meninggalkan penerapan prokes Covid-19,” pungkas Ali Mazi. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy