Penumpang Padat, Rehab Pelabuhan Tobaku Ditunda – Kendari Pos
Kolaka Utara

Penumpang Padat, Rehab Pelabuhan Tobaku Ditunda

KENDARIPOS.CO.ID — Konstruksi jembatan gerak atau movable bridge (MB) di Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengalami kerusakan. Upaya perbaikan sudah direncanakan sejak Rabu (5/8) hingga akhir pekan ini. Namun, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) setempat melakukan pembatalan dan menunda jadwal pengerjaan karena mobilitas arus balik penumpang pasca Iduladha masih padat.

Kadis Perhubungan Kolut, Ir. Junus, mengakui, rencana perbaikan MB ditunda dan akan dimulai pada tanggal 8 hingga 10 Agustus mendatang. Kapal feri masih dibolehkan beroperasi mengangkut penumpang, tetapi tidak bagi mobil truk. “Khusus truk bermuatan dilarang. Jika kosong dibolehkan, karena sulit naik turun di dermaga akibat MB rusak,” jelas Junus saat dikonfirmasi, kemarin.

Proses perbaikan diprediksi hanya menghabiskan waktu tiga hari. Para sopir angkutan baranga diminta mengambil opsi menunggu atau memilih alternatif lain dengan melintasi jalur darat. Para pemilik armada feri juga telah disurati agar tidak mengangkut truk bermuatan karena dipastikan akan kesulitan saat melakukan pembongkaran muatan di dermaga. MB Pelabuhan Tobaku sudah kerap kali mengalami perbaikan. Upaya pembenahan total belum dapat direalisasikan. Sebab tempat labuh armada itu termasuk terminal akan dirombak oleh pihak Kementerian Perhubungan. “Diperbaiki untuk sementara waktu sambil menunggu pembangunan fasilitas pelabuhan yang baru terealisasi,” pungkas Junus. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy