Pengetahuan Petani Minim, Sawah Gagal Panen – Kendari Pos
Buton Tengah

Pengetahuan Petani Minim, Sawah Gagal Panen

KENDARIPOS.CO.ID — Uji coba penanaman padi pada lahan persawahan seluas 10 hektare dilakukan pihak Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) pada tahun lalu. Dari program tersebut, tiga hektare diantaranya diketahui gagal panen. Hasil evaluasi menyebutkan, penyebab gagalnya tanaman pangan tersebut karena minimnya pengetahuan petani dalam pembudidayaan padi. Debit air yang masuk di persawahan juga cukup besar dan tidak memiliki saluran irigasi pembuangan yang terisolir.

Dari fakta itu, Kepala Distan Buteng, Razuddin, mengaku akan mengevaluasi sistem tanam dan mengembangkan pengetahuan para petani di daerah tersebut. “Kami akan memberikan bimbingan pada para petani yang ada saat ini. Sekaligus memperbaiki lahan sawah yang gagal panen.
Yang jelas dua penyebab gagal panen tersebut perlu kita evaluasi. Irigasinya lebih tinggi dari sawah dan kurangnya pengetahuan dari petani,” ujar Razuddin, Rabu (26/8).

Meski sebagian lahan persawahan gagal panen, bukan berarti kinerja para petani tidak baik. Justru persentase keberhasilannya cukup besar. “Tentu ini menjadi apresiasi buat para petani kita. Bagaimanapun, mereka sebelumnya kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan. Jadi masih butuh proses untuk maksimal,” maklumnya. Untuk perbaikan lahan sawah gagal panen, sejauh ini belum dilakukan. Alasan Razuddin, anggaran banyak yang dialihkan untuk penanganan Covid-19. Nanti pada tahun 2021 baru dilakukan pembenahan. “Begitu juga pelatihan atau bimbingan bagi petani. Agar kedepan, pengolahan persawahan sebisa mungkin berhasil panen,” tandasnya. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy