Pengamat Politik : Abuhaera Ideal buat Ruksamin – Kendari Pos
Politik

Pengamat Politik : Abuhaera Ideal buat Ruksamin

Ketua DPD Golkar Sultra Lukman Abunawas (kanan) menyerahkan SK rekomendasi DPP kepada bakal calon bupati Konut petahana Ruksamin (dua kiri).

KENDARIPOS.CO.ID — Kubu Ruksamin-Raup terbelah di Pilkada Konawe Utara (Konut) 2020. Kemesraan yang terjalin selama lima tahun membangun daerah, berubah menjadi rival. Raup meninggalkan Ruksamin dan menjadi penantang. Pendukung Raup yang lima tahun lalu memilih Ruksamin berpotensi beralih dukungan. Ruksamin terancam kehilangan suara pendukung fanatik Raup saat Pilkada 2015 lalu. Namun langkah politik Ruksamin mampu memulihkan situasi dengan meminang Abu Haera, rivalnya saat Pilkada 2015.

Pengamat politik dari UHO Dr. Najib Husain mengatakan, keputusan Ruksamin dengan menjatuhkan pilihan kepada Abu Haera sangat bernilai manfaat politik dalam menstabilkan kekuatan basis suara. Dengan langkah Raup yang memilih tampil sebagai penantang, maka secara langsung mengikut sertakan komponen basis-basis suara yang sebelumnya bersimpul pada kubu Ruksamin.

“Sebab kemenangan pada pilkada 2015 lalu, merupakan output persatuan komposisi suara antara Rukmsain dan Raup. Strategi Ruksamin memilih Abuhaera sebagai wakilnya, ibarat menutup cela yang mendera eksistensi pasukan basis suara petahana,” bebernya.

Pada Pilkada sebelumnya, Abu Haera meraup suara yang cukup banyak. Dasar-dasar suara tersebut adalah investasi politik, yang bisa menjadi pendukung pada pilkada 9 Desember 2020 mendatang dan akan terakulturasi bersama basis suara yang dimiliki Ruksamin. “Terbelahnya suara Ruksamin akibat kepergian Raup, terobati dengan kehadiran Abu Haera,”kata Najib Husain kepada Kendari Pos, Selasa (4/8).

Kelebihan lainnya keputusan Ruksamin memilih Abu Haera, kata dia, akan sangat membantu kerja-kerja petahana jika terpilih nanti, khususnya pada aspek penataan birokrasi Konut agar lebih berkualitas, teratur dan optimal. Abuhaera berpengalaman dalam dunia birokrasi. Kolaborasi Ruksamin-Abuhaera, menurutnya, sangat ideal. Saling melengkapi satu sama lain.

“Abu Haera telah sekian lama malang melintang dalam dunia birokrasi. Ini akan menjadi modal inovatif dan kekuatan baru bagi Ruksamin kedepan jika takdir kemenangan berpihak. Namun terdapat catatan penting yang mesti dilakukan oleh Ruksamin. Yaitu, ketika tampil pada momen terkait pilkada, wajib mengikutsertakan Abuhaera sehingga lebih dikenal publik,” beber dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UHO itu. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy