Pendaftaran Paslon Didampingi Maksimal 50 Orang – Kendari Pos
Politik

Pendaftaran Paslon Didampingi Maksimal 50 Orang

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada akan dibuka 4 hingga 6 September mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna mulai melakukan persiapan teknis jelang proses tersebut. Pasangan calon yang mendaftar sebagai peserta pilkada hanya bisa didampingi maksimal 50 orang.

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan tahapan pendaftaran baik menyangkut persiapan teknis seperti tempat dan waktu pelaksanaan, formulir pendaftaran maupun syarat pencalonan akan disesuaikan dengan PKPU nomor 1 tahun 2020. KPU akan segera menggelar pleno penetapan seluruh ketentuan pencalonan tersebut agar menjadi panduan bagi pihak yang berkepentingan.

“Kami tengah melakukan persiapan karena pendaftaran tersisa sebulan lagi. Pasangan calon hanya bisa mendaftar jika punya 20 persen dukungan kursi parlemen atau 25 persen suara sah dari partai politik atau gabungan partai politik, yang dibuktikan dengan dokumen model B.1-KWK atau surat persetujuan pasangan calon dari masing-masing partai politik yang diteken Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal atau sebutan lain,” ungkapnya.

Selain itu, syarat lain juga meliputi surat pencalonan dan kesepakatan bakal calon atau disebut dokumen model B-KWK dari partai politik. Di Muna, syarat dukungan minimal enam kursi parpol. Ia menegaskan, saat pendaftaran, kandidat yang masih memiliki jabatan baik sebagai kepala daerah di daerah lain, pejabat BUMN, BUMD ataupun TNI/Polri sudah harus menyertakan surat pengunduran diri. Kendati, pengesahan pengunduran diri baru akan dilengkapi sebelum masa penetapan calon.

“Namun untuk lebih detai dan lebih jelas, setiap pasangan bisa berkonsultasi atau mengirim perwakilan ke KPU lebih dulu,” paparnya. Selain pendaftaran, dua tahapan lain juga akan dihadapi pada September nanti yakni penetapan pasangan calon 26 September dan pengambilan nomor urut pasangan calon sehari berikutnya. Pasangan calon yang mengikuti pendaftaran hanya boleh didampingi kurang lebih 50 orang. Itu untuk mencegah penyebaran Covid-19. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy