Pendaftaran Paslon Bupati dan Wabup Dimulai 4 September – Kendari Pos
Politik

Pendaftaran Paslon Bupati dan Wabup Dimulai 4 September

Abdul Rajab

KENDARIPOS.CO.ID — Berdasarkan jadwal, tahapan pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi dibuka pada awal September mendatang. Artinya, tak lama lagi penetapan pasangan calon kepala daerah (cakada) Wakatobi akan dilakukan. Namun, sebelum itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi mengimbau partai politik (parpol), LO serta gabungan parpol menyiapkan berkas calon dan pasangan calon.

Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab menjelaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan sejumlah persiapan hingga sosialisasi di tengah masyarakat dan sejumlah pihak terkait. Mengingat sesuai jadwal yang ada, tahapan pendaftaran akan dibuka pada tanggal 4-6 September mendatang. Namun sebelum itu, KPU bakal melakukan pengumuman pendaftaran pasangan calon pada 28 Agustus hingga 3 September tahun 2020.

“Kami terus melakukan sosialisasi. Bahkan dalam sehari bisa sampai empat kali di lokasi yang berbeda. Jadi, selain sosialisasi ke masyarakat kita juga melakukan giat terkait aturan dan syarat hingga proses pendaftaran bakal calon dan pasangannya. Kami juga sudah helat sosialisasi syarat pencalonan dan syarat calon,” terang Abdul Rajab.

Rajab menambahkan, sebelum mendaftar ke KPU pada tanggal yang telah ditetapkan, diharapkan harus sesuai dengan peraturan yang ada agar seluruh berkas yang disetor nantinya memenuhi syarat.

“Juga menyampaikan ke parpol dalam proses pengajuan pendaftaran bakal calon nanti harus sesuai dengan PKPU No 1 tahun 2020 tentang pencalonan. Bagaimana syarat pencalonan dan bagaimana syarat calon,” terangnya.

Di lain sisi, KPU Wakatobi juga akan melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah pihak serta stakeholder terkait. Dalam waktu dekat akan mengundang pihak-pihak yang dimaksud guna membahas hal ini. “Nanti kami akan melakukan rakor bersama dengan para pihak atau stakeholder yang terkait dengan pencalonan ini. Kami akan undang untuk membicarakan hal-hal teknis tentang proses pendaftaran nantinya,” tutupnya. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy