Pemkab Muna Usul 250 Unit Perumahan Nelayan – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Usul 250 Unit Perumahan Nelayan


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mengusulkan pembangunan kompleks perumahan nelayan di Desa Logiya, Kecamatan Lohia pada pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Program itu diperuntukkan bagi nelayan lokal yang tinggal di pesisir. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Muna, La Mahi, menerangkan, usulan perumahan tersebut berjumlah 250 unit. Pemkab sedang menyiapkan lahan seluas minimal 10 hektare untuk lokasi pembangunan perumahan. Setiap unit rumah minimal memiliki lahan seluas 15×25 meter.

“Ketentuan minimal begitu. Tetapi Bupati meminta agar dinaikkan menjadi 25×50 meter per unit. Sehingga luasan lahan yang harus disiapkan maksimal 30 hektar,” paparnya, kemarin. La Mahi menjelaskan, dokumen usulan Pemkab Muna sudah resmi diajukan ke Pemerintah Pusat tahun ini. Hanya, dokumen belum dilengkapi dengan sertifikat lahan yang menjadi syarat terpenting mendapatkan program tersebut. Legalitas tanah saat ini masih di urus Badan Pertanahan Nasional setempat.

“Kami masih minta Pemerintah Desa untuk mengurus sertifikat tanahnya. Karena lahan proyek itu harus tuntas sebelum programnya turun,” jelasnya. Program tersebut merupakan kelanjutan dari 50 unit perumahan nelayan yang dibangun di Desa Lakarinta, Lohia pada tahun 2019 lalu. Hanya, pengembangan di lokasi tersebut terkendala pada kesiapan lahan. “Syarat utama program harus letaknya di pesisir. Kalau Lakarinta, lahannya bermasalah. Makanya pindah di Logiya. Mudah-mudahan 2021 bisa turun,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy