Pemkab Konawe Siapkan Rp 13,5 Miliar Lunasi Tunggakan Honor Aparat Desa – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Konawe Siapkan Rp 13,5 Miliar Lunasi Tunggakan Honor Aparat Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe memastikan tetap melunasi tunggakan honor para aparat desa yang belum terbayar selama beberapa bulan. Pelunasan hak aparat desa di 291 wilayah se-Konawe itu, akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan kondisi keuangan daerah. Pada bulan Agustus ini, Pemkab tengah memproses pencairan honor perangkat desa yang siap dibayarkan selama dua bulan, untuk masa tunggakan Februari dan Maret 2019.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, HK Santoso, mengatakan, setiap desa mendapat alokasi dana sebesar Rp 41 juta yang akan diterima para perangkat desa sesuai dengan hitungan kurun waktu yang sudah ditentukan. “Nominal yang kita kirim di 291 desa itu sama jumlahnya. Jadi untuk tahun 2019, bulan Januari, Februari dan Maret itu honornya sudah kita bayarkan. Insya Allah September 2020, kita bayar lagi untuk dua bulan berikutnya,” ujar HK Santoso, kemarin.

Mantan Pj Sekab Konawe itu menyebut, untuk membayar tunggakan hak perangkat desa selama dua bulan di tahun 2019 itu, BPKAD Konawe merogoh kas daerah sebesar Rp 13,5 miliar. Sebenarnya, pihaknya bisa saja memporsikan lebih jika tidak bersamaan dengan kewajiban pembayaran gaji 13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab.
“Kalau honor aparat desa tahun 2020 ini, kita masih tunggu penghasilan tetap (Siltap) dari Pusat. Itu belum datang. Tapi tetap kita akan bayarkan juga. Namanya utang, pasti kita akan lunasi. Bapak Bupati Konawe juga sudah perintahkan agar bulan depan dibayarkan lagi,” ungkap Santoso.

Ia berargumen, ada beberapa kendala yang membuat pembayaran honor aparat desa di Konawe sedikit terhambat. Mulai dari transfer dana dari pusat ke daerah yang tidak terealisasi sepenuhnya. Seperti dana bagi hasil (DBH) pusat maupun provinsi. Belum lagi, dana alokasi umum (DAU) yang juga mengalami pemotongan dari Pemerintah Pusat. “Kita kena pemotongan DAU akibat Covid-19. Selain itu, banyak kegiatan-kegiatan yang dananya di refocusing untuk menangani virus corona di Konawe,” tutupnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy