Pemkab Konawe Gagas Gerakan Sehari Tanpa Nasi – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Konawe Gagas Gerakan Sehari Tanpa Nasi

Muhammad Akbar


KENDARIPOS.CO.ID — Budi daya tanaman sagu, ubi, talas ataupun jagung di Konawe, cukup melimpah. Bahan pangan lokal itu kerap diolah menjadi berbagai makanan alternatif pengganti beras. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe pun mulai membiasakan warganya mengurangi ketergantungan beras dengan cara mengonsumsi bahan pangan lokal tersebut. Keseriusan itu ditunjukkan dengan menggalakkan gerakan sehari tanpa nasi (GSTN) atau “one day no rice”.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar, mengatakan, GSTN merupakan upaya Pemkab agar warga tidak terlalu bergantung pada konsumsi beras. Meski diakuinya, potensi beras di Konawe sangat melimpah dan justru menjadi sentra penghasil terbesar di jazirah Sultra. Katanya, gerakan itu juga menjadi bentuk dukungan terhadap program diversifikasi pangan saat saat ini tengah digalakkan oleh Pemerintah Pusat.

“Jadi harus mulai dibiasakan. Minimal satu hari dalam seminggu, kita jangan mengonsumsi nasi. Sebab, kenyang tidak harus makan nasi. Ini juga bagian menjaga ketahanan pangan yang ada di Konawe,” ujar Muhammad Akbar, akhir pekan lalu. Meski baru sebatas ajakan dari Pemkab, menurut Muhammad Akbar, warga Konawe sebenarnya sudah terbiasa mengonsumsi bahan pangan lokal yang dimaksud. Misalnya, tanaman sagu. Oleh masyarakat setempat, tepung sagu itu diolah menjadi makanan khas bernama sinonggi. Ia menyebut, sebelum tahun 1980-an, warga Konawe memang sudah menggunakan sagu serta ubi sebagai makanan pokok.

“Meski sebagai lumbung beras, Konawe juga tetap menjadi lumbung sagu. Kurang lengkap bagi orang Konawe kalau dalam sehari tidak mengonsumsi sinonggi. Makanya kami yakin, sosialisasi GSTN akan lebih mudah diterima warga,” ungkapnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy