Pemkab Kolaka Bakal Tutup Destinasi Wisata yang Abaikan Prokes – Kendari Pos
Kolaka

Pemkab Kolaka Bakal Tutup Destinasi Wisata yang Abaikan Prokes


KENDARIPOS.CO.ID — Setelah sempat ditutup karena adanya pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Pariwisata sudah membolehkan tempat wisata untuk dibuka kembali. Kini sejumlah destinasi di Bumi Mekongga mulai terlihat ramai.

Kepala Dinas Pariwisata, H. Andi Zulkarnain, mengungkapkan, sejak keluarnya instruksi Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei pada Juli lalu, pihaknya langsung melakukan prakondisi di sektor wisata. Tempat hiburan sudah dibolehkan kembali untuk dibuka dengan syarat wajib menerapkan protokol kesehatan (Prokes), seperti memakai masker dan menjaga jarak. Sayangnya, masih ada saja tempat wisata yang pengelolanya mengabaikan Prokes tersebut.

“Kami temukan masih ada pengelola tempat wisata yang mengabaikan protokol kesehatan. Pengunjungnya ada yang tidak memakai masker dan menjaga jarak,” bebernya, Minggu (9/8). Pria yang pernah menjabat sebagai Asisten III Setkab Kolaka tersebut menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan sanksi tegas bagi pengelola tempat wisata yang mengabaikan protokol kesehatan. Untuk itu, pihaknya selalu peninjauan lokasi wisata pasca dibuka kembali.

“Seluruh pemangku kepentingan dibidang industri, dunia usaha barang dan jasa, UMKM, termasuk ekonomi kreatif dan destinasi wisata, serta semua pemilik, pekerja dan pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan. Jika itu dilanggar, maka dikenakan sanksi teguran tertulis atau evaluasi. Bahkan sanksinya bisa saja penutupan sementara,” ancamnya.

Agar destinasi wisata tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 di Bumi Mekongga, Zulkarnain mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Kami berharap agar semua komponen masyarakat sudah wajib mengikuti tatanan kebiasaan baru. Sebab ini berkaitan erat dengan kemaslahatan kesehatan kita semua. Jadi selaku penyelenggara pemerintahan, kami berkewajiban mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk taat dan wajib mengikuti instruksi presiden, gubernur, bupati/wali kota demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tegasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy