Pelaku Usaha Belum Diwajibkan Bayar Pajak – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pelaku Usaha Belum Diwajibkan Bayar Pajak


KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Asosiasi Pelaku Usaha Kuliner (APUK) menyampaikan permintaan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) agar pembayaran iuran pajak sebesar 10 persen yang dibebankan pada mereka, untuk sementara ditangguhkan.
Ketua APUK Kolut, Yunus, mengatakan dampak pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga kini tetap dirasakan para pelaku usaha kuliner. “Pendapatan masih kurang dan jualan cenderung tersisa. “Rekan usaha kami contohnya yang laris sebelum Covid-19 itu pukul 10.00 Wita sudah habis. Sekarang sampai sore berjualan dan itupun masih selalu masih ada yang tersisa,” ujarnya, Minggu (23/8) disela-sela memeringati hari jadi APUK Kolut di Pantai Berova.

Yunus mengaku, total anggota APUK saat ini 560 orang dan 230 diantaranya sudah aktif berkontribusi membayar pajak. Perbulannya yang tersetor ke Pemkab mencapai Rp 15 juta. Menanggapi permintaan para pengusaha kuliner itu, Kepala Dinas Koperasi Kolut, Yasin, mengatakan, pajak itu wajib dibayar sesuai amanah undang-undang. Pemkab sebenarnya telah memberi tolerasi pasca ditetapkan dan aktif melakukan pungutan mulai 2018 lalu.

“Khusus tahun ini karena masih kondisi Covid-19, maka pemerintah masih memberi tolerasi dan belum diwajibkan. Namun setelah masa itu, tidak ada lagi alasan karena sudah cukup dilonggarkan selama ini termasuk saat pandemi,” katanya, kemarin. Tahun ini ada bantuan dari Pemerintah Pusat dengan dana yang dianggap lumayan besar dalam rangka upaya memulihkan ekonomi. “Link-nya sudah disebar ke seluruh koordinator kecamatan. Silahkan akses aplikasinya dan daftarkan diri. Di Pemkab masih ada cadangan dana dari APBD sekitar Rp 6 miliar,” bebernya.

Sekretaris Bappeda Kolut, Abdul Kadir, mengapresiasi keberadaan APUK karena secara tidak langsung memberi kontribusi ke daerah. Wadah itu diharapkan bisa memberi sumbangsih pemikiran dan pengalaman bagi generasi selanjutnya dalam mendorong dunia usaha di Kolut. Sekadar diketahui, selain bergerak di bidang usaha, (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy