Pedagang Pasar Laino Terima Tambahan Modal Usaha – Kendari Pos
Muna

Pedagang Pasar Laino Terima Tambahan Modal Usaha

KENDARIPOS.CO.ID — Pedagang Pasar Sentral Laino, Raha, akhirnya menerima dana kompensasi senilai Rp 5 juta dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Dana tersebut disalurkan pasca bencana kebakaran, beberapa bulan lalu dan diperuntukkan sebagai tambahan modal usaha agar pedagang bisa segera bangkit.

Penyerahan bantuan tersebut digelar di SOR La Ode Pandu, Raha oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muna, La Ode Darmansyah. Setiap pedagang menerima buku tabungan dengan nominal Rp 5 juta tanpa potongan. “Setelah bukunya diterima, dananya langsung bisa dicairkan. Karena sudah ditransfer ke rekening masing-masing,” jelas Darmansyah, Selasa (25/8).

Pemkab menyiapkan Rp 2,1 miliar melalui pos biaya tak terduga untuk membantu 420 pedagang korban kebakaran tersebut. Jumlah penerima menyusut dari prediksi semula sebanyak 623 orang. Sebagian dinyatakan tidak layak setelah melalui proses verifikasi ketat oleh instansi terkait. “Karena ada satu pedagang menguasai lebih dari satu kios. Itu banyak ditemukan, sehingga setelah verifikasi jumlahnya menyusut,” papar Darmansyah.

Mantan Kepala DPMD Muna itu menguraikan, selain dana kompensasi, Pemkab juga berupaya menyediakan kios baru. Sedikitnya 737 pedagang saat ini belum belum mendapat tempat di dalam area gedung. Pemkab sendiri sedang membangun 300 kios baru di lahan bekas kebakaran. Sementara 437 pedagang lainnya akan diupayakan melalui APBD Perubahan mendatang. “Pemkab tetap berupaya agar semua dapat kios. Tidak ada yang dibeda-bedakan, hanya memang perlu bersabar karena dana pemerintah terbatas,” tuturnya.

Darmansyah meminta agar pedagang tidak mudah terprovokasi dan menuding pemerintah pilih kasih dalam pembagian kios. Ia memastikan, permasalahan Pasar Laino akan dituntaskan secara komprehensif. Salah satu upayanya, Pemkab sudah bermohon dana pembangunan pasar kepada pemerintah pusat melalui Komisi V DPR RI. Jika disahuti, Pasar Laino akan dibuat lebih representatif lagi. “Kita berharap rencana itu terealisasi tahun depan,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy