Pangdam Salurkan Bantuan Rp 2 Miliar untuk 1.000 Pelaku UMKM Sultra – Kendari Pos
Nasional

Pangdam Salurkan Bantuan Rp 2 Miliar untuk 1.000 Pelaku UMKM Sultra


KENDARIPOS.CO.ID — Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Sumangerukka tiada henti membantu masyarakat kecil yang terdampak pandemi Covid-19. Khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bertahan hidup di tengah kesulitan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Setelah menginisiasi bantuan modal untuk 1.000 UMKM di Sulsel, terkini Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka memberikan bantuan stimulan modal kepada pelaku UMKM di Sultra bekerja sama dengan Bank BNI. Sekira 1.000 pelaku UMKM akan diberikan bantuan modal tanpa agunan. Satu pelaku UMKM akan mendapat bantuan modal tanpa agunan sekira Rp 2 juta. Seremoni pemberian bantuan digelar di Makorem 143 Halu Oleo Kendari, Senin (24/8) kemarin.

Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengaku akan terus memberikan bantuan serupa kepada para pelaku UMKM lainnya di Sultra. “Kalau sekarang 1.000, kita berharap minggu depan bisa 2.000 atau 3.000 pelaku UMKM,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan.

Selain itu, para pelaku UMKM akan diberikan pendampingan dalam menjalankan usahanya, sehingga dapat meminimalisir kesalahan manajemen usaha. Babinsa, Koramil dan pihak bank penyalur bantuan yakni Bank BNI akan
mendampingi pelaku UMKM.

“Para penerima bantuan diberikan pendampingam setiap bulannya, sehingga dapat memajukan usahanya. Kami juga akan memberikan reward kepada para pendamping bila pelaku usaha yang mereka bimbing bisa bergerak lebih maju.” ungkap mantan Komandan Korem 143 Halu Oleo Kendari itu sembari berharap bantuan itu dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Di tempat yang sama, Kepala BNI Makassar, Hadi Santoso yang membawahi Sulsel, Sulbar dan Sultra, mengatakan bantuan permodalan tersebut merupakan inisiasi dari Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka. “Ide Pangdam ini dalam rangka penguatan permodalan semua pelaku usaha. Ide-ide yang sangat sensitif kepada pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 ini yang membuat Panglima Kodam tersentuh,” ujarnya.

“Ini tanpa agunan. Apabila size bisnis pelaku UMKM berkembang maka bisa kami perbesar modal. Sesuai dengan arahkan Pangdam bahwa pelaku UMKM bisa menjadi pengusaha besar,” sambung Hadi.

Sementara itu perwakilan pelaku UMKM, Fadilah Basalam mengucapkan terimakasih kepada Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka yang telah memberikan bantuan modal usaha kepada dirinya dan rekan–rekannya. “Terimakasih Bapak Panglima. Bantuan ini sangat kami butuhkan untuk membangun kembali perekonomian kami di masa pandemi Covid-19 ini. Semoga usaha saya bisa lebih baik, dan bisa membiayai anak-anak sekolah,” ungkapnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy