PAN ke Rajiun, Pilkada Muna Head to Head – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

PAN ke Rajiun, Pilkada Muna Head to Head

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) resmi memengusung LM. Rajiun Tumada dan La Pili sebagai pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati di Pilkada Muna 2020. Setelah dukungan PAN tersebut, Pilkada Muna dipastikan hanya akan diikuti dua pasangan calon atau head to head.

Dukungan PAN termaktub dalam rekomendasi bernomor 276/VIII/2020 yang diteken Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno pada 25 Agustus 2020. Keputusan PAN itu dibenarkan oleh Sekretaris DPC PAN Muna, Lukman. “Iya, sepertinya itu sudah benar karena di tanda tangani oleh Ketum dan bermaterai,” jelasnya.

Sikap PAN itu secara otomatis menutup peluang pasangan calon Syarifuddin Udu – Hasid Pedansa untuk ikut berlaga di Pilkada. SU-Hasid sebelumnya diusung Hanura dengan lima kursi, namun tidak kunjung mendapat partai koalisi. PAN memilih Rajiun karena loby untuk memaketkan LM. Baharuddin – SU tidak mencapai kesepakatan politik. “Semua kader siap melaksanakan perintah partai untuk memenangkan figur Rajiun – La Pili,” tambah Lukman.

Setelah PAN bergabung, Pasangan LM. Rajiun – La Pili kini resmi didukung koalisi 11 kursi dari gabungan Demokrat, Gerindra, Nasdem, PPP dan PAN. Pasangan berakronim RAPI itu akan menantang koalisi petahana dengan dukungan 14 kursi dari PDIP, Golkar, PKB dan PKS. Sedangkan Hanura yang notabene pemenang Pilcaleg 2019 di Muna belum menentukan sikap terbarunya.

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Najib Husai menilai skema head to head cenderung akan menguntungkan petahana. Hanya, peta politik masih mungkin berubah jika gerbong besar yang dimiliki SU-Hasid dan juga LM. Baharuddin sudah mengeluarkan sikap resmi. “Dua gerbong besar itu akan berpengaruh pada kekuatan masing-masing pasangan yang didukung,” imbuhnya. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy