Oknum Guru di Wakatobi Diduga Posting Foto Kandidat Bupati di Sosmed – Kendari Pos
Politik

Oknum Guru di Wakatobi Diduga Posting Foto Kandidat Bupati di Sosmed

KENDARIPOS.CO.ID — Angka indikasi pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pilkada Wakatobi masuk kategori tertinggi nasional. Berkas 31 ASN diduga terlibat politik praktis yang diproses Bawaslu Wakatobi telah dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ketua Bawaslu Wakatobi, La Ode Arifin menuturkan sepanjang tahapan dimulai pihaknya sudah mengirim rekomendasi ke KASN untuk memproses 31 ASN yang diduga melanggar netralitas. Selain itu, Bawaslu juga masih memproses dua guru Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diduga tak netral. Usai dilakukan kajuan akhir, kata dia, berkas dua guru itu akan direkomendasikan ke KASN.

Kata dia, saat ini kasus jumlah ASN Wakatobi yang diduga melanggar asas netralitas paling tinggi secara nasional. “Sekarang ada guru SMAN 2 Wangi-Wangi dan SMAN 2 Kaledupa yang diproses karena diduga melanggar netralitas. Dokumennya belum dikirim rekomendasinya ke KASN karena masih penyelesaian tahapan kajian administrasi. Setelah kajian akhir lalu akan kita kirim ke KASN,” ujarnya.

Pihaknya telah meminta dua guru memberikan klarifikasi atas ulahnya yang terlibat politik praktis.
Dari dua guru itu, kata dia, salah satunya secara terang-terangan mengoploud foto bakal calon bupati Wakatobi ke akun media sosial (medsos) miliknya.

Selain guru, temuan dugaan pelanggaran netralitas ASN juga ada dari kalangan struktural. Kalau sifatnya pencegahan, lembaganya selalu mengimbau ke Pemkab untuk menjaga netralitas ASN. (thy/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy