Meriahkan HUT RI, Lanal Kendari Gelar Lomba Burung Berkicau – Kendari Pos
Metro Kendari

Meriahkan HUT RI, Lanal Kendari Gelar Lomba Burung Berkicau


Suasana lomba seni suara burung berkicau di kawasan Citraland Kendari, Minggu (9/8). Kompetisi bertajuk Danlanal Cup I ini turut ikuti peserta dari sejumlah provinsi di Indonesia seperti dari Kalimantan Timur (Kaltim) Sulawesi Selatan (Sulsel).

KENDARIPOS.CO.ID — Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan lomba. Fenomena ini sudah menjadi tradisi tahunan. Pada HUT RI yang ke-75, Pangkalan Laut TNI (Lanal) Kendari menggelar kegiatan yang unik. Menggandeng Federasi Burung Indonesia (FBI) dan Kicau Mania Kendari (KMK), Lanal Kendari menggelar lomba seni suara burung berkicau, Minggu (9/8).

Kompetisi bertajuk Komandan Lanal (Danlanal) Cup I ini dipusatkan di kawasan Citraland Kendari ini. Tidak hanya dikuti peserta lokal, lomba yang memperebutkan piala bergilir Danlanal Kendari ini turut dihadiri peserta dari sejumlah provinsi di Indonesia seperti dari Kalimantan Timur (Kaltim) Sulawesi Selatan (Sulsel)

Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia melalui Dansatma Lanal Kendari, Kapten Sahi Adam mengatakan lomba ini diikuti sejumlah pecinta burung hingga dari berbagai provinsi. Tidak hanya sekedar berkompetisi, lomba ini menjadi ajang silahturahmi seluruh pencinta burung di Sultra dan daerah lainnya.

Lomba seni suara burung berkicau sambungnya, mendapat respon positif. Berbagai pencinta burung di Indonesia turut hadir mengikuti kompetisi dengan peserta sebanyak 450 orang. Selain tropy dan piala bergilir, penyelenggara menyiapkan hasih berupa sepeda, TV dan berbagai peralatan eletronik lainnya. “Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-75 RI tahun 2020 yang digelar Lanal Kendari,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Federasi Burung Indonesia, Tjipto Widodo? menjelaskan penilaian lomba seni suara burung bekicau yakni dilihat dari irama lagu, volume suara, fisik dan gaya. Untuk irama lagu itu, ada variasi yang di bawakan burung itu saat tampil. Di mana burung itu mempunyai isian apa saja dan tentu ada macam-macam dalam pengisian ini.

“Jenis burung yang di perlombahkan sendiri, ada sekitar 10 jenis burung dan sebanyak 33 kelas.

Dari Sulawesi ada burung pleci, konin dan riorio. Sementara di kalimantan, Sumatra dan Jawa mengunakan burung murai batu, kacer,” sebutnya. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy