Merdeka Belajar di Era New Normal, Oleh : Monovatra P Rezky, S.Pd., M.Pd – Kendari Pos
Opini

Merdeka Belajar di Era New Normal, Oleh : Monovatra P Rezky, S.Pd., M.Pd

Monovatra P Rezky, S.Pd., M.Pd


KENDARIPOS.CO.ID — Merdeka Belajar adalah program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makariem. Proses pembelajaran harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi.

Pada tahun mendatang, sistem pengajaran juga akan berubah dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas. Nuansa pembelajaran akan lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru. Tapi lebih membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi, dan tidak hanya mengandalkan sistem ranking yang menurut beberapa survei hanya meresahkan anak dan orang tua saja. Karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing. Nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat.

Akan tetapi di tengah covid 19, semua sektor mengalami ketidak stabilan , tidak terkecuali sektor pendidikan. Di era pandemi saat ini merdeka belajar yang telah di bangun sepertinya kurang optimal sehingga para pendidik ekstra keras dalam rangka memerdekaan sebuah pembelajaran. Merebaknya pandemi covid-19 membuat kita semua kesulitan , sehingga kita memulai pembelajaran melalui teknologi dengan cara unik dengan metode pembelajaran jarak jauh atau PJJ dalam sistem jaringan atau daring.

Kendati terpaksa, hal ini membuat roda inovasi menjadi lebih cepat. Saya akui pembelajaran online ini membuat kita sulit tetapi menjadikan kita lebih terbuka. Yakni para orang tua murid mencoba membuka aplikasi baru. Di sini terjadi inovasi, namun lebih dari itu timbul suasana unik baru khususnya guru dengan orang tua dan orang tua dengan guru. Suasana unik baru yang dimaksudkan yaitu terjalin salin pengertian bahwa guru menyadari pentingnya peran orang tua berkontribusi menyukseskan pendidikan anak.

Selain itu, orang tua menjadi sadar betapa sesungguhnya tugas guru dalam mendidik anak mereka tidaklah mudah. Merdeka Belajar akan sulit di laksanakan tanpa teknologi. Melihat kondisi yang beberapa bulan belakangan ini salah satu solusi dalam rangka mengaktifkan aktivitas belajar yaitu dengan model daring.

Di satu sisi, kami melihat ketimpangan atau sebuah masalah baru ketika beberapa bulan belakangan ini dengan menggunakan model daring yaitu dengan kita memperhatikan sisi geografis , daerah-daerah yang tidak memiliki dukungan jaringan ini jelas jelas sangat sulit untuk kemudian dilaksanakan dengan menggunakan daring.

Guru harus memutar otak agar proses aktivitas belajar dapat berjalan. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Masalah lain juga menyusul memperhatikan aspek ekonomi. Siswa dan guru dihadapkan sebuah masalah terkait paket data dalam pelaksanaan model daring ini. Memang bantuan dari pemerintah juga ada, tetapi tidak terasa cukup apalagi pelaksanaan daring ini sudah beberapa bulan berjalan sehingga menyulitkan siswa dan guru.

Para siswa yang tidak memiliki dukungan daring seperti handphone dan laptop, namun harus tetap berupaya untuk mengikuti model daring tersebut , dan masih banyak lagi masalah-masalah lain. Memang sangat kompleks di lihat dari berbagai sisi mulai dari sisi kesehatan, geografis, sosial, budaya, ekonomi dan pendidikan itu sendiri. Melihat penomena yang terjadi di masa pandemi covid -19, kita harus tetap optimis dalam menjalaninya, sehingga Merdeka Belajar yang dimaksud Menteri Pendidikan tetap bisa dioptimalkan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy