Menuju Swasembada Pangan Nasional, Bupati Konsel Genjot Produksi Pertanian – Kendari Pos
Nasional

Menuju Swasembada Pangan Nasional, Bupati Konsel Genjot Produksi Pertanian

Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga (tengah) bertekad
berkontribusi dalam swasembada pangan nasional dengan meningkatkan
produksi di sektor pertanian. Surunuddin Dangga disela-sela kegiatan
KAMALUDDIN / KENDARI POS panen raya di Kecamatan Ranomeeto Barat.


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunddin Dangga memetakan sentra produksi pertanian di wilayahnya. Produktivitas pertanian di bidang ketahanan pangan terus ditingkatkan. Peningkatan produksi pertanian bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik (internal Konsel). Namun Bupati Surunddin Dangga punya lompatan besar yakni untuk mendukung dan berkontribusi dalam program pemerintah pusat yakni terealisasinya swasembada pangan nasional.

Surunuddin Dangga bukan tipikal pembual. Keinginannya berkontribusi dalam swasembada pangan nasional dibuktikan dengan menggenjot produksi pada semua sektor pertanian dan perkebunan. Salah satunya produksi padi. Surunuddin mengatakan produksi padi sawah di Kabupaten Konsel terus meningkat setiap tahun.

Hal itu dilihat dari surplus beras di setiap kecamatan sebagai penyangga komoditas padi sawah di Konsel. “Sebagaimana yang berlangsung di Desa Jati Bali ini. Dengan luas 238 hektare sawah yang siap panen. Angka prediksi bisa mencapai 1.213,8 ton gabah,” ujar Surunuddin Dangga saat menghadiri kegiatan di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat, kemarin.

Untuk skala Kecamatan Ranomeeto Barat, luas lahan padi sawah berdasarkan data pertanian mencapai 530 hektare. “Tiap hektare bisa menghasilkan 5,1 ton beras. Jika ditotal, tiap panen khusus di kecamatan bisa mencapai 2.650-an ton gabah,” sebut Surunuddin Dangga.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu mengungkapkan produksi pertanian dan perkebunan mesti dikembangkan dan ditingkatkan sebagai upaya Pemkab Konsel mewujudkan ketahanan pangan nasional. “Ini adalah langkah kita bagaimana mewujudkan daerah yang maju dibidang pertanian sekaligus sebagai upaya mendukung pemerintah pusat menuju swasembada pangan nasional,” ungkapnya.

Bupati Surunuddin berharap agar petani di Konsel lebih produktif. Lahan “tidur” sebaiknya dimanfaatkan untuk produksi padi sawah. “Kita akan terus genjot agar produksi pertanian di Konsel terus meningkat dan produksi beras bisa surplus tiap tahun,” tandasnya. (kam/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy