Menuju Indonesia, Sultra dan Kendari Maju : Ali Mazi dan Sulkarnain Siap Tunaikan Instruksi Presiden – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Menuju Indonesia, Sultra dan Kendari Maju : Ali Mazi dan Sulkarnain Siap Tunaikan Instruksi Presiden

Gubernur Sultra Ali Mazi (kiri), Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh (dua
dari kiri) bersama jajaran Forkopimda Sultra mendengarkan pidato kenegaraan
Presiden RI, Jokowi secara virtual di gedung DPRD Sultra, Jumat (14/8) kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun ini sepi tak semarak dibanding tahun sebelumnya. HUT RI kali ini dirayakan dalam balutan “badai” pandemi Covid-19. Tak ada lomba-lomba yang digelar, tak ada pawai dan tak ada teatrikal mengenang histori para pejuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang diprolamirkan Soekarno-Hatta, 75 tahun silam.

Kendati begitu, sakralnya HUT kemerdekaan ini masih berwujud dalam upacara HUT dan rangkaian acara lainnya yang digelar dalam balutan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Lihat saja, sidang paripurna DPRD Sultra untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Jumat (14/8). Peserta sidang dibatasi dan semua wajib pakai masker.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan kondisi perekonomian negara saat ini sedang macet. Diibaratkan komputer, kondisi saat ini sedang hang. Untuk mengaktifkan komputer, maka mesti direstart.

Ali Mazi mengingatkan warga Sultra akan pesan dan instruksi Presiden bahwa meski pandemi, tidak boleh terpuruk.

“Jadikan musibah pandemi ini sebagai momentum kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi, menjalankan strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan termasuk kesehatan dan pendidikan,” ujar Ali Mazi mengutip pesan presiden di Gedung DPRD Sultra, kemarin.

Kata dia, semestinya sejak dua pekan lalu berbagai lomba dan euforia perayaan HUT Kemerdekaan RI sudah digelar. Namun apa yang sudah direncanakan itu berubah total lantaran pandemi Covid-19 ini. “Kondisi ini tidak boleh mengurangi rasa syukur kita dalam memperingati 75 tahun Indonesia merdeka. Ini harus menjadi penyemangat kita dalam upaya pembangunan daerah walaupun di tengah pandemi,” ungkap Ali Mazi.

Gubernur Sultra dua periode itu mengajak masyarakat Sultra tetap bersemangat dan memotivasi diri. “Berbekal kebersamaan dan mengedepankan kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas berpolakan kolaborasi dengan berbagai elemen sebagai wujud ketangguhan dan optimisme kita dalam membangun daerah,”terang Ali Mazi.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh mengatakan makna yang utama bukan seberapa besar meriah HUT RI tetapi sejauhmana kesyukuran atas limpahan kemerdekaan itu sebagai Rahmat Tuhan untuk diisi guna mewujudkan harapan para pendahulu sesuai cita-cita nasional bangsa Indonesia. “Pidato kenegaraan Presiden RI sekaligus mengantarkan kita semua pada momentum menjelang terbitnya fajar HUT proklamasi Kemerdekaan negara kita yang berpuncak pada 17 Agustus,” ujarnya.

Terpisah, di gedung DPRD Kota Kendari, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menegaskan siap menunaikan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini bahwa pemerintah daerah harus fokus pada upaya penanganan wabah Covid-19. Misalnya saja menentukan langkah (kebijakan) ekonomi daerah dan menyiapkan jaring pengaman sosial (JPS).

“Bapak Presiden Jokowi ingin ada sebuah loncatan yang dilakukan. Meskipun sedang krisis, kita diminta untuk memanfaatkan betul momentum krisis ini, bukan mundur. Harus ada semangat untuk menentukan langkah-langkah extra ordinary,” kata Sulkarnain.

Selain upaya penanganan Covid-19, Wali Kota Kendari Sulkarnain mengajak warga Metro Kendari agar memaknai hari kemerdekaan sebagai hari penerapan empat pilar kebangsaan yang menopang kemajuan bangsa.

Empat pilar bangsa yang dimaksud yakni Pancasila sebagai falsafah negara, UUD 1945 sebagai kontrak hukum tertinggi, NKRI sebagai simbol negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pembentuk jati diri bangsa Indonesia.

Selain itu kata, Sulkarnain, sebagai bagian integral dari NKRI, Pemerintah Kota Kendari memiliki kewajiban untuk menyinergikan program daerah dengan program pemerintah pusat melalui inovasi dan kreativitas program pembangunan daerah yang menyentuh langsung kepentingan nasional dan warga Kota Kendari. “Insya Allah momen HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini menjadikan kita semakin kuat, bersatu, menuju Indonesia, Sultra dan Kendari maju,” kata Sulkarnain. (rah/ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy