Masih Ditutup, Pariwisata Belum Sumbang PAD – Kendari Pos
Buton

Masih Ditutup, Pariwisata Belum Sumbang PAD

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah objek wisata di Buton biasanya ramai pengunjung, khususnya pada akhir pekan. Tahun ini salah satu sumber potensial itu hingga Juli ini belum menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Penyebabnya destinasi wisata masih ditutup sebagai langkah antisipasi pandemi Covid-19.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi, mengatakan, objek wisata yang semula dijadwalkan dibuka pada Juli lalu terpaksa harus dibatalkan. Padahal pihaknya sudah merumuskan strategi memaksimalkan penerimaan PAD. Namun terpaksa harus tertunda lagi karena terjadi tren peningkatan positif terjangkit virus corona.

“Kita sudah siap-siap mau buka (tempat wisata). Tapi ternyata selain yang sembuh 40 orang, kita juga ada penambahan kasus, jadi tidak bisa dipaksakan dibuka,” katanya, Selasa (11/8). Lanjut dia, pengutipan PAD dari sektor wisata baru mulai dilakukan Oktober 2019 lalu. Itu melalui retribusi masuk, sewa gazebo dan tahun ini jasa penginapan. Hanya saja, tahun 2020 ini, rencana pengoptimalannya menemui kendala.

“Sekarang belum ada pemasukan, tidak ada target sebenarnya karena baru tahun ini kita ingin efektifkan. Tapi kita prediksi ini bisa jadi sektor unggulan,” tambahnya. Dia pun berharap pandemi segera berakhir. Agar kekayaan wisata alam Buton bisa segera dibuka kembali. Baik itu benteng tua, air terjun, pantai, teluk dan gua. (c/lyn).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy