LPj Triwulan Dana BOS Via Online – Kendari Pos
Buton

LPj Triwulan Dana BOS Via Online

KENDARIPOS.CO.ID — Masa pandemi Covid-19 tak hanya memaksa siswa dan guru untuk melek teknologi komunikasi demi proses transfer bahan ajar. Lembaga pendidikan sebagai kuasa penuh pengelola dana bantuan operasional sekolah (BOS) juga dituntut untuk lihai menyusun pelaporan via online. Sebab, selama masa wabah virus corona, Laporan Pertanggungjawaban (LPj) triwulanan penggunaan dana BOS diserahkan ke pusat melalui aplikasi online.

Manajer Dana BOS Kabupaten Buton, La Naji, mengatakan pengelolaan dana BOS pada triwulan ketiga ini tidak dibatasi pada agenda-agenda rutin tahunan sekolah. Menghadapi pandemi, sekolah diberikan keleluasaan untuk menggunakan dana BOS sebagai solusi pencegahan Covid-19. Atau juga untuk pembelian paket data bagi guru dan siswa yang menerapkan proses belajar mengajar (PBM) dengan sistem dalam jaringan (Daring) atau online.

Peruntukan dana BOS yang beragam itu membuat pelaporannya sedikit rumit. Terlebih semuanya dilakukan via online. Diakuinya, skema pelaporan dan evaluasi model seperti itu menjadi hal baru bagi sekolah. Pihaknya membuka jalur koordinasi seluas-luasnya bagi sekolah. “Kita lakukan pendampingan, ini kan laporannya juga online. Dari sekolah langsung ke pusat, kita hanya fungsi koordinasi saja,” jelasnya, kemarin.

Soal total dana BOS tahun ini La Naji mengaku tak mengingat pasti. Selain baru menduduki jabatan Manajer BOS, dana itu juga ditransfer langsung ke rekening sekolah oleh pusat. Sehingga sulit dipantau olehnya. “Kecuali saya buka data lagi, saya juga akan cek itu,” alasannya. Soal pelaporan via online itu kata dia untuk segera disiapkan September mendatang. Sebab, LPj menjadi syarat mutlak bagi pencairan dana triwulan berikutnya. “Yang sekarang nanti September lagi baru dilaporkan untuk menuju triwulan berikutnya,” tutup La Naji. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy