Lomba Baca Puisi, Tunas Bangsa Kumandangkan Nilai Juang – Kendari Pos
Nasional

Lomba Baca Puisi, Tunas Bangsa Kumandangkan Nilai Juang


KENDARIPOS.CO.ID — Euforia HUT ke-75 Kemerdekaan RI tak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Banyak daerah yang meniadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang lantaran pandemi Covid-19 belum mereda. Namun Pemkot Kendari punya cara menyiasatinya. Pemkot menggandeng Kendari Pos, Pemkot menggelar berbagai lomba bernuansa kemerdekaan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Semarak Kemerdekaan hadir sebagai buah kolaborasi Pemkot Kendari dan Kendari Pos dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan. Lomba mewarnai dan baca puisi yang sarat nilai-nilai heroik perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI 75 tahun lalu menjadi tema sentralnya. Lomba mewarnai tingkat TK yang dilaksanakan di rumah masing-masing siswa secara daring. Baca puisi digelar di Graha Pena Kendari Pos. Para tunas bangsa itu mengumandangkan nilai juang dalam karya seni mereka.

Manajer Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin menjelaskan pelaksanaan kegiatan Semarak Kemerdekaan ini untuk menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Selain itu, untuk mengasah kemampuan dan mental para siswa supaya tetap terjaga meski di kondisi saat ini. “Kami ingin memeriahkan Kemerdekaan RI meski dalam situasi seperti ini. Lomba baca puisi dipilih karena bisa menjadi cara mengungkapkan perasaaan dan membangun semangat siswa,” ujarnya.

Selasa (25/8) kemarin, puluhan peserta baca puisi tingkat SD hadir di Graha Pena. Mereka mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum berkompetisi. “Jumlah peserta lomba baca puisi sekira 40 orang. Di luar ekspektasi kami, terlihat semangat adik-adik siswa SD sejak pagi memenuhi aula Graha Pena Kendari Pos, dan kami salut sebab semua yang hadir patuh dan taat pada Prokes Covid-19,” ujar Nursyamsi Abidin.

Lomba baca puisi bernuansa perjuangan digelar satu hari dengan melibatkan dewan juri dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari. Para peserta dinilai berdasarkan penampilan, artikulasi (pelafalan), irama (intonasi), dan penjiwaan (ekspresi).

“Penampilan mereka secara umum bagus, antusias dan semangat mereka sangat luar biasa. Jujur kami sangat kagum dengan anak-anak yang berlomba,” kata Hartana, salah satu dewan juri.

“Saya tidak menyangka, mereka yang tampil semangatnya begitu luar biasa, mereka mampu membangkitkan semangat kemerdekaan kepada kita semua. Kita berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan agar mereka sebagai generasi bangsa masa deoan akan selalu mengingat perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan,” ungkap Nurhida dewan juri lainnya, tak kalah kagumnya.

“Anak-anak ini memiliki talenta, namun mereka perlu diasah kembali agar lebih optimal lagi, kami berharap kedepannya animo sekolah kedepannya semakin meningkat,” timpal Waode Farida, dewan juri lainnya.

Hasilnya, tiga peserta lomba baca puisi sukses meraih gelar juara. Mereka adalah Filza Ainah Syahwa, siswa SDS Ummushabri meraih juara I, lalu Neisye Salsabilah siswa SDN 85 Kendari, juara II dan terakhir, Wa Ode Nur Rezki A, siswa SDN 84 Kendari meraih juara III. Juara IV, Trimas dari SDN 35 Kendari, juara V diraih Khaylilah Daifa dari SD Smarth School dan juara VI diraih Fakhira Adiva Azalea. M dari SD 30 Kendari.

Untuk lomba mewarnai, juara I diraih Afika Ichtysar Mi’raj dari TK Fajar Nur Kendari, juara II direbut Bilqis Talita Zilullah dari TKN 1 Kendari dan Aibyleen Asheva Azzalea dari TK Graha Asri meraih juara III. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy