Langgar Protokol Kesehatan, Tempat Usaha akan Ditutup – Kendari Pos
Kolaka

Langgar Protokol Kesehatan, Tempat Usaha akan Ditutup

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mencegah penularan Covid-19, pemerintah meminta semua pihak agar mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari kesadaran memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. Sayangnya, kedisiplinan masyarakat Kabupaten Kolaka untuk menerapkan protokol kesehatan mulai menurun. Melihat situasi tersebut, maka Pemkab Kolaka berupaya menyadarkan kembali masyarakat agar taat pada protokol kesehatan. Salah satunya dengan memberikan sanksi bagi yang melanggar.

“Kami minta Polisi Pamong Praja berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan tindakan tegas pada yang tidak melaksanakan protokol kesehatan. Contoh bila yang membandel itu tempat usaha, maka usahanya ditutup,” tegas Wakil Bupati Kolaka, H Muhammad Jayadin saat memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di tempat kerja sektor jasa dan perdagangan (area publik), Rabu (5/8).

Menurut Jayadin, instruksi Bupati Kolaka tentang penanganan Covid-19 harus dikawal terus. Sebab jika melihat kondisi di lapangan saat ini, masyarakat mulai kurang disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. “Agar semua bisa dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat, maka kami meminta ASN agar bisa memberikan contoh yang baik pada masyarakat dalam penanganan penularan Covid-19. Kami juga meminta kepada instansi terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta dinas lainnya agar memantau tempat-tempat mana yang menjadi area hiburan dan wisata,” seru Jayadin.

Sekretaris Kabupaten Kolaka, H. Poitu Murtopo yang turut hadir dalam rapat tersebut juga mengajak semua SKPD terkait agar melakukan upaya nyata dalam penanganan Covid-19. Ia meminta kepada pihak SKPD terkait untuk memberikan sanksi bagi masyarakat yang tidak melaksanakan instruksi penanganan Covid-19. Poitu juga menilai, kedisiplinan masyarakat Kolaka dalam menerapkan protokol kesehatan mulai menurun.

Kata dia, hal itu dapat dilihat pada sejumlah tempat umum. “Di tempat pariwisata banyak masyarakat yang tidak melalukan protokol kesehatan. Kondisi itu bisa dilihat di Wisata Kuliner bila malam,” bebernya. Poitu berharap, semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan. Bagi yang melanggar akan diberikan sanksi. “Semua ini demi keselamatan bersama. Kita juga tidak tahu sampai kapan wabah ini berakhir,” tuturnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy