Kurang Efektif, Tim Pengendali Inflasi Daerah Konawe Direvisi – Kendari Pos
Konawe

Kurang Efektif, Tim Pengendali Inflasi Daerah Konawe Direvisi

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Konawe akan direvisi. Rencana tersebut diungkapkan langsung Wakil Bupati, Gusli Topan Sabara. Ia menganggap saat ini, keberadaan TPID masih kurang efektif dalam menekan laju inflasi daerah. Salah satu indikator yang menjadi acuan Ketua DPD PAN Konawe itu, yakni tingginya biaya hidup bagi warga maupun pekerja yang bermukim di kawasan Mega Industri Kecamatan Morosi.

“Biar kita terima ribuan pekerja di tambang, tapi kalau inflasi masih tinggi itu tidak ada gunanya,” sorot Gusli Topan Sabara, Rabu (5/8) saat ditemui di ruang kerjanya. Revisi yang dimaksud, lanjut Gusli, yakni perlunya perhatian pada beberapa sektor mendasar sebagai tumpuan dalam menekan laju inflasi daerah. Katanya, ada empat sektor penting yang harusnya dimaksimalkan untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan di Konawe. Mulai dari sektor pertanian, perikanan, peternakan serta perdagangan. Ia meyakini, jika empat sektor itu selaras untuk mencapai tujuan yang sama, inflasi di Konawe bakal bisa dikendalikan.

“Semua sektor itu harus saling menopang. Mulai dari level produksi di tiga dinas utama, hingga penjualannya yang menjadi kewenangan Dinas Perdagangan,” harap mantan Ketua DPRD Konawe itu. Selain hal tersebut, Gusli juga berencana untuk menetapkan standar biaya hidup bagi pekerja lokal di kawasan Mega Industri Morosi, yakni sebesar Rp 1,4 juta. Nominal itu, mencakup biaya makan sehari-hari, tempat tinggal, serta ongkos bahan bakar kendaraan para pekerja. “Kalau ada cicilan motor, estimasinya bisa habis Rp 2 juta saja. Dengan gaji dikisaran Rp 3 jutaan, para pekerja masih punya simpanan sebesar Rp 1 juta,” gagas GTS, sapaan karib Wabup Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy