Komplotan Pengguna dan Pengedar Narkoba di Konsel Dibekuk – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Komplotan Pengguna dan Pengedar Narkoba di Konsel Dibekuk

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Koba 86 Kepolisian Resort (Polres) Konawe Selatan (Konsel) kembali mengamankan empat tersangka pengguna dan pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Keempat tersangka tersebut msing-masing inisial SN (40), AR (41) ,AE (40),dan UD (39). Mereka diamankan tim Satuan Narkoba Polres di Desa Roraya Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konsel.

Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo SIK melalui Kasatnarkoba Polres Konsel Iptu Ismail Pali mengungkapkan, keempat tersangka diamankan pada tanggal 31 Juli 2020 sekitar 23.00 Wita di kediaman tersangka SN yang juga adalah karyawan salah satu perushaan tambang di Tinanggea.

“Sebelum diringkus, tim Koba 86 sudah melakukan pengintaian di rumah SN. Karena sudah lama dengar info dari masyarakat bahwa di situ sering terjadi transaksi dan pesta narkoba,” ungkapnya kemarin.

Setelah dinyatakan A1, sambung mantan Kasatreskrim Polres Konsel ini, pihaknya bersama anggota melakukan penggrebekkan di rumah tersebut. Di mana keempat tersangka sedang berada di ruang tamu.

“Setelah kita geledah, kami temukan satu paket sabu di tangan AE serta pipet kaca di saku celananya,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya terus geledah dan kembali menemukan tiga paket sabu di tempat duduk SN serta beberapa alat bong tepat di belakang kursinya. “Dengan barang bukti ini, keempat tersangka langsung dibawa di Mapolres Konsel untuk penyelidikan lanjutan,” terang Ismail Pali.

Dari hasil introgasi tersangka AE lanjut mantan Kasatnarkoba Polres Kendari ini, mereka memperoleh barang haram itu dari rekannya di Kendari.

“Jadi AE ini sekaligus pengedar juga, karena dia yang bawa msuk barang itu, dan mereka konsumsi bersama ketiga rekannya. Dia juga adalah salah satu pekerja tambang di wilayah itu,” bebernya.

Sesuai undang-undang Narkotika, pihaknya diberi waktu selama 6×24 jam untuk pengembangan penyelidikan.

“Sebelum kami ekspos, keempat tersangka terlebih dahulu dilakukan tes urine di RS Bayangkara Kendari, dan hasilnya semua positif. Sehingga itu, kami naikan statusnya dan untuk sementara diamanakan di Mapolres Konsel,” ungkapnya.

Dari hasil pengembangan sementara, dari tangan tersangka pihaknya mengamankan Barang Bukti (BB) 4 paket Sabu dan alat isap alias bong. Adapun pasal yang disangkakan yakni pasal 114 ayat 1, pasal 112 dan pasal 127 dengan ancaman kurungan 4 tahun undang-undang narkotika nonor 35 tahun 2009.

“Jadi ada tiga pasal, yakni mengedar, menggunakan dan menguasai. Kemungkinan setelah ini masih akan ada tersangka baru. Karena dari informasi yang kita himpun mereka sudah sering menggunakan narkoba di tempat itu sejak tahun 2018. Termasuk target kita selanjutnya yang teman tersangka dari Kendari,” tutupnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy