Koalisi Rusman Emba Makin Dominan – Kendari Pos
Politik

Koalisi Rusman Emba Makin Dominan

Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas (empat kiri), Bakal Calon Bupati Muna petahana Rusman Emba (tiga kanan) dan figur yang dapat rekomendasi PDIP untuk berlaga di Pilkada.

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP resmi mengusung duet LM. Rusman Emba-Bachrun Labuta di Pilkada Muna 2020. Rusman menyisihkan Syarifuddin Udu dan LM. Rajiun Tumada yang juga mendaftar pada partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Dukungan PDIP membuat Rusman makin optimis untuk melenggang ke periode kedua.

Dukungan PDIP tercantum dalam rekomendasi bernomor 1702/IN/DPP/VII/2020 yang diteken Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Rekomendasi sejatinya terbit 17 Juli lalu namun baru resmi diumumkan pada Selasa, 11 Agustus kemarin. Bergabungnya PDIP membuat koalisi petahana menguasai 14 kursi dari total 30 kursi parlemen. Rinciannya, empat kursi PDIP, Golkar 4 kursi, PKB 4 kursi dan PKS 2 kursi.

Bakal Calon Bupati Muna LM. Rusman Emba menerangkan rekomendasi tersebut menjadi wujud komitmen partai yang harus ditaati seluruh kader. Ia berharap, tak ada lagi riak ataupun kader yang berjalan dengan kepentingan pribadi, melainkan harus mengedepankan kebersamaan dan solidaritas.

Dalam waktu dekat, ia akan menggelar konsolidasi untuk menyamakan persepsi dan menyusun langkah taktis pemenangan. “Saatnya berbicara tentang organisasi, jangan lagi ada egoisme. Kita berharap PDIP solid dan bekerja penuh untuk memenangkan Pilkada,” paparnya.

Dukungan PDIP, kata mantan Ketua DPRD Sultra itu akan menambah kekuatan koalisi dari Golkar, PKB dan PKS. Ia akan merangkul semua sumber daya politik agar proses pemenangan lebih mudah. Dirinya yakin, empat partai saat ini sudah cukup untuk merebut simpati rakyat. “Kita akan menangi Pilkada agar pembangunan yang sudah berjalan empat tahun ini bisa terus disempurnakan,” tuturnya.

Pengamat Politik Universitas Halu Oleo, Najib Husain mengungkapkan dukungan PDIP tidak terlepas dari tingginya elektabilitas Rusman dibanding figur Syarifuddin Udu maupun Rajiun. Dengan dukungan PDIP, Rusman bisa dianggap memiliki segalanya untuk memenangi Pilkada. Hanya, Rusman harus tetap menjaga mesin politik partai agar bekerja penuh untuk dirinya. Sebab tak bisa dipungkiri, pasangan Syarifuddin-Hasid Pedansa yang kader PDIP, bisa saja memecah suara partai. “Rusman tetap harus menjaga soliditas kader agar bisa memastikan kemenangan,” imbuhnnya.

Pengamat Politik Sultra, Husen Zuada menilai dukungan PDIP sangat berpengaruh pada tenaga pemenangan kandidat manapun. Ada dua kekuatan yang sangat signifikan dimiliki PDIP. Pertama, meski bukan menjadi partai pemenang di Muna, namun sebagai partai penguasa nasional, PDIP tetap memiliki akses pada sumber daya politik mana pun yang bisa berdampak elektoral pada pemenangan figur. Kedua, PDIP terbukti memiliki kader dan simpatisan yang militansinya sudah teruji diberbagai hajatan demokrasi, termasuk Pilbup Muna 2015 lalu.

“Ada dua partai dengan militansi tinggi saat ini, PKS dan PDIP. Kedua partai itu ada pada Rusman saat ini. Ditambahkan status sebagai petahana, otomatis sumber daya pemenangan Rusman lebih kuat dibanding figur lain,” jelasnya pria asal Muna yang kini mengajar di Universitas Tadulako.

Magister Ilmu Politik Universitas Indonesia itu menyebut, kendati koalisi dan sumber daya politik Rusman kini dominan, namun yang lebih menentukan kemenangan adalah strategi dan dukungan finansial. Hal yang patut diwaspadai juga ialah statistik kemenangan petahana secara nasional pada Pilkada serentak terus menurun sejak 2015, 2017 dan 2018.

Jika tidak efektif mengelola kekuatan politiknya, bukan tidak mungkin petahana di Muna juga justru akan kalah. “Variabel kemenangan itu bisa finansial dan birokrasi. Tetapi yang utama bagaimana mengelolanya dengan strategi yang baik,” mantan dosen FISIP UHO itu. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy