Kirim Surat ke Kapolres, Pengacara Minta Penyidik Adil – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Kirim Surat ke Kapolres, Pengacara Minta Penyidik Adil

Nasruddin MH

KENDARIPOS.CO.ID — Penetapan tersangka kasus penganiayaan di depan Tempat Hiburan Malam (THM) Barcode yang menyebabkan Gifar Ashari meninggal dunia dianggap janggal. Pasalnya, penyidik hanya menetapkan seorang tersangka Frederik Kudati Alias AL. Padahal ada pelaku lain yang terlibat keributan di lokasi kejadian. Atas keberatan tersebut, AL melalui pengacara hukumnya mengirim surat ke Kapolres Kendari.

Pengacara Hukum, Nasruddin MH mengatakan penyidik masih belum transparan dan adil menangani perkara ini. Untuk itulah, ia berharap Kapolres memastikan penegakan hukum yang dijalankan Polsek Kemaraya telah berjalan sesuai UU. Apalagi pasal 55 KUHP yang diterapkan penyidik sangatlah bertentangan.

“Penerapan pasalnya yang masih kami pertanyakan. Pasal 352 ayat 1 ke 1 Pasal 55 KUHP Junto pasal 359. Dalam ajaran hukum pidana Delneming, penerapan pasal 55 tidak berdiri sendiri. Artinya, jika ada perbuatan tindak pidana, tidak dilakukan satu orang saja. Melainkan ada pihak lainnya “jelasnya kemarin.

Nasruddin menerangkan, ada tiga Point dalam hukum pidana jika menerapkan pasal 55. Pertama, orang yang ikut membantu. Kedua, orang yang memancing untuk melakukan dan ketiga turut serta melakukan serta membuat untuk melakukan. Dalam penerapan pasal 55 dan pasal 56, seharusnya pihak-pihak yang ikut dalam keributan tersebut, mestinya ikut dikenakan pidana. Sebab, pasal 55 melibatkan pihak lain.

“Kalau menerapkan pasal 55, mesti ada pihak lain yang turut bersama-sama. Melalui surat ini, kami meminta keadilan dalam perkara tersebut, “tutur Nasruddin.

Nah, surat yang dikirim Nasruddin ditujukan kepada Kapolres Kendari. Surat tersebut memuat sejumlah pertimbangan dan pernyataan, terkait tidak adilnya penanganan perkara yang dilakukan Polisi di Polsek Kemaraya. Surat bernomor 010/L/N&P/VIII/2020 dikirim pada awal Agustus ini. (c/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy