Kerukunan Keluarga Turatea Jeneponto Bantu Pasutri Lansia – Kendari Pos
Kolaka Utara

Kerukunan Keluarga Turatea Jeneponto Bantu Pasutri Lansia

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar kepedihan hidup pasangan suami istri (Pasutri) lanjut usia (Lansia), Gau (70) dan Hasiah (80) yang tinggal pada sebuah gubuk di Desa Rante Limbong, Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) membuat jajaran pengurus Kerukunan Keluarga Turatea (KKT) Jeneponto Sulawesi Tenggara (Sultra) terpanggil. Mereka mengumpulkan donasi untuk meringankan beban kedua Lansia tersebut.

Donasi berupa sejumlah uang dan kebutuhan pokok itu diserahkan langsung Ketua KKT Jeneponto Sultra, Prof. Dr. H. Eka Suaib didampingi Sekertaris Dinsos Kolut, Andi Darwisah, Pendamping Kecamatan Lasusua, Haeruddin dan Kades Rante Limbong, Asmal. Mereka disambut Hasiah di rumah tinggalnya, Kamis (13/8). Kata Prof. Eka Suaib, atas nama KKT juga ada titipan donasi dari Kabinda, Brigjend TNI Aminullah. Ia telah mendengar langsung janji Kades untuk merelokasi rumah Gau dan Hasiah ke tepi jalan raya mengingat tempat saat ini yang ditinggali rawan banjir.

“Sebelum-sebelumnya mereka memang telah menerima bantuan dan saya baca di Kendari Pos, juga ada yang diserahkan Kades. Begitu juga dengan bantuan Covid-19, keduanya memang tidak terima karena saat pendataan sedang di Sulawesi Selatan,” kata Eka Suaib.
Namun bukan hanya persoalan itu pada dasarnya yang menggerakkan KKT berdonasi karena memang pasutri itu serba kekurangan dan tinggal di rumah tak layak huni. KKT memfasilitasi agar Gau dan Hasiah bisa keluar dari kondisi ekonomi yang serba kekurangan.

Usai meninggalkan kediaman Gau dan Hasiah, mereka menemui Bupati Kolut, Nur Rahman Umar di Rujabnya untuk bersilaturahmi. Nur Rahman sendiri baru mengetahui informasi itu dan telah mengarahkan bawahannya menemui Pasutri Lansia tersebut. Ia menegaskan, Pemkab Kolut telah berbuat banyak memperhatikan masyarakat kurang mampu. Bahkan dirinya sendiri yang langsung ke lapangan mengunjungi rumah-rumah warga memberikan bantuan. “Justru kami senang jika ada informasi seperti itu karena menjadi jalan untuk berbagi. Hanya saja masih ada orang yang kerap mengesankan itu karena ketidakpedulian pemerintah. Padahal informasinya belum diketahui,” papar Kolut-1 itu.

Sebelumnya, Kades Rante Limbong, Asmal, menyampaikan jika Pasutri itu telah diberi bantuan program Lansia yang diserahkan langsung di rumahnya. Untuk Bansos dampak Covid-19, Gau dan Hasiah memang tidak mendapatkan, karena namanya tidak terdata karena berada di Sulsel. “Sudah dibantu dan saya sendiri yang menyerahkan langsung,” aku Asmal. Pernyataan Asmal juga dibenarkan Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kolut, Fatimah. Instansinya juga sudah menyerahkan bantuan darurat berupa seng, terpal, beras dua karung, selimut, peralatan dapur hingga makanan ringan. Nama keduanya juga telah dicatat sebagai penerima bantuan sosial tunai (BST) yang akan datang secara berkelanjutan. Selain pembangunan rumah layak huni, Dinsos juga merencanakan pengurusan penanganan medis bagi Gau agar bisa menjalani operasi katarak. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy