Kapal Cepat Layani Rute Tobaku-Siwa – Kendari Pos
Kolaka Utara

Kapal Cepat Layani Rute Tobaku-Siwa

Armada kapal fiber MV. Trans JB yang akan beroperasi pada akhir Agustus ini dan melayani pelayaran dari Tobaku-Siwa. Pemkab Kolut sudah menyetujui operasional moda angkutan laut itu.

KENDARIPOS.CO.ID — Armada penyeberangan kapal fiber MV. Trans JB dipastikan beroperasi mulai 28 Agustus mendatang. Rute pelayaran yang dilayani adalah Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menuju Siwa, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Kapal cepat ini hanya melakukan pemberangkatan sekali dalam sehari dengan kapasitas maksimal penumpang 200 orang.

Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, menjelaskan, kepastian pelayaran armada laut itu juga telah disampaikan ke Bupati, Nur Rahman Umar. Saat itu Kolut-1 tersebut menekankan tiga poin untuk dipatuhi antara kedua belah pihak. “Kami izinkan beroperasi karena berdasarkan kebutuhan masyarakat. Hanya 75 menit sudah tiba,” ujar Junus, Senin (3/8).

Tiga poin penekanan Nur Rahman tersebut antara lain soal keselamatan yang sepenuhnya domain Syahbandar, besaran tarif serta tidak menjadi kompetitor keberadaan armada feri saat ini. “Soal keselamatan sudah selesai dibicarakan, tarif serta jadwal pemberangkatan. Kapalnya juga sementara pembenahan lampu penerangan,” tuturnya.

Mengingat beberapa hari awal operasi masih menggunakan bahan bakar solar non subsidi, pihak perusahaan menyepakati usulan tarif per orang sebesar Rp 110 ribu. Jika BBM subsidi sudah tersedia, biaya masih bisa ditekan hingga Rp 100 ribu. “Minimal 50 penumpang jika sepi,” katanya.

Agar tidak menimbulkan kecemburuan antara sesama pengusaha pelayaran, MV Trans JB hanya diperbolehkan sekali berlayar. Akan tetapi, selain melaju dari Siwa-Tobaku, MV Trans JB juga akan melanjutkan rute ke salah satu pelabuhan di wilayah utara Kolut yakni Olo-oloho. “Pelabuhannya juga sementara dibenahi. Jadi rutenya Siwa-Tobaku berlanjut ke Olo-oloho dan bertolak kembali ke Tobaku dan menuju Siwa,” papar Junus. Dengan beroperasinya MV. Trans JB, total armada yang melayani rute Tobaku-Siwa saat ini berjumlah empat unit. Tiga diantaranya merupakan jenis feri yakni KMP Merak, Camellia dan New Rose. “Kalau fiber kan cukup muat barang seadanya. Saat ini pelayaran berangsur mulai normal dan target pendapatan daerah tidak tercapai. Dari Rp 1,1 miliar menyusut jadi Rp 800 juta,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy