Jangan Lengah, Mari Cegah Tindak Pidana Perdagangan Orang ! – Kendari Pos
Kolaka

Jangan Lengah, Mari Cegah Tindak Pidana Perdagangan Orang !

KENDARIPOS.CO.ID — Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PP-TPPO) Kabupaten Kolaka telah resmi terbentuk Januari lalu melalui Surat Keputusan (SK) bupati. Agar peran Gugus Tugas dapat lebih optimal dalam mencegah dan menangani kasus TPPO di Bumi Mekongga, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggelar rapat dan sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi GT PP-TPPO.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka pada Kamis (13/8) tersebut, diikuti semua anggota GT PP-TPPO gabungan berbagai elemen seperti Polri, Kementerian Agama dan Jurnalis. Kepala Dinas PPPA Kabupaten Kolaka, Hj. Andi Wahidah, mengungkapkan, kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kapasitas anggota GT PP-TPPO. Sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan kasus TPPO di Bumi Mekongga dapat dicegah.

“TPPO merupakan kejahatan kemanusiaan yang bersifat sindikasi dengan akar penyebab masalah yang kompleks beragam dan terus berkembang. Olehnya itu, untuk mencegah perbuatan tersebut diperlukan sinergi dari pihak terkait mulai dari lembaga pendidikan, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan lembaga pemerintah di pusat maupun di daerah. Semoga dengan adanya kegiatan ini maka kinerja anggota GT PP-TPPO Kabupaten Kolaka semakin optimal,” tuturnya.

Wanita yang sebelumnya menjabat Kabag Kesra Setkab Kolaka tersebut menambahkan, untuk mengoptimalkan pencegahan dan penanganan kasus TPPO di otorita Ahmad Safei, maka pihaknya menyiapkan tempat bagi korban untuk mengadu. “Kalau selama ini tidak ada korban yang melapor karena belum ada wadah. Maka kami di Dinas PPPA sudah menyiapkan sarananya bernama Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Nantinya akan diberikan pendampingan hukum maupun kesehatan dan psikologi kepada korban. P2TP2A ini diharapkan dapat menjadi salah satu UPT Dinas PPPA dan saat ini dalam proses di Bagian Organisasi Setkab Kolaka,” tuturnya.

Wakil Bupati Kolaka, H. Muhammad Jayadin yang membuka kegiatan rapat dan sosialisasi tersebut memberikan apresiasi pada Dinas PPPA. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting untuk dilakukan dalam rangka mencegah kasus TPPO di Kabupaten Kolaka. “Atas nama pemerintah, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas PPPA Kabupaten Kolaka. Meskipun kasus TPPO hingga saat ini belum ada, tapi kami harus melakukan pencegahan lebih dini,” ujarnya.

Menurut Jayadin, TPPO merupakan masalah penting yang harus mendapatkan perhatian seluruh komponen. Apalagi Kolaka merupakan daerah yang sangat terbuka sehingga tidak menutup kemungkinan pelakunya menjalankan aksi di Bumi Mekongga. “Kolaka ini daerah terbuka dan siapa saja bisa hadir. Kita tidak tahu maksud dan tujuannya orang tersebut datang. Jadi jangan lengah. Kami harap Gugus Tugas yang telah terbentuk ini bisa berkerja sepenuh hati dengan rasa kemanusian agar TPPO tidak terjadi. Kami juga berharap edukasi ini juga bisa sampai ke desa karena masyarakat kita masih banyak yang awami,” pinta Kolaka-2 itu. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy