Jaga Stabilitas Harga, TPID Sultra Pantau Suplai Bahan Pokok – Kendari Pos
Metro Kendari

Jaga Stabilitas Harga, TPID Sultra Pantau Suplai Bahan Pokok

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memaksimalkan koordinasi, Tim Pengelola Inflasi Daerah (TPID) Sultra membagi tiga wilayah zonasi. Zona I meliputi Kota Kendari, Konawe, Bombana dan Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara dan Konawe Kepulauan. Zona II untuk wilayah kepulauan dan zona III Kolaka raya. Pembagian zona dianggap penting untuk menjaga ketersediaan kebutuhan pokok di Sultra tetap stabil.

Sekretaris TPID Sultra, Yuni Nurmalasari mengatakan kondisi ekonomi di masa pandemi covid-19 harus dikelola dengan baik. Untuk memudahkan sinergitas dan mensinkronkan data, pihaknya telah membagi tiga zona. Tidak hanya sebatas sinergitas, namun pihaknya rutin melakukan kunjungan ke daerah untuk melihat langsung kondisinya.

“Kita kan ada tiga zonasi, jadi dalam kunjuan wilayah zonasi satu lebih kepenguatan strukturnya TPID nya termasuk antara lain kepengurusanya, kemudian kita juga berusaha mencari informasi terkait kendala-kendala apa yang menyebabkan inflasinya tinggi ataupun bagaimana program kerja TPID di Kabupaten Kota,” terang Kepala Biro Administrasi Ekonomi Setprov Sultra ini kemarin.

Di Bombana dan Konawe, kegiatan yang dilakukan TPID di wilayah itu sudah berjalan. Kota Kendari dan Baubau tetap menjadi prioritas lantaran mobilitas di daerah cukup tinggi. Saat ini, tinggal koordinasi kelembagaanya itu yang masih berjalan sendiri-sendiri. “Jadi, kita kuatkan fungsinya, peralihannya. Sejauh ini, pengendalian inflasinya sudah cukup bagus,” ungkapnya.

Indikator yang jadi perhatian TPID sambungnya, menjaga stabilitas harga komoditas. Untuk itulah, ketersedian kebutuhan pokok harus dijaga termasuk daerah lumbung-lumbung hasil pertanian, beras serta potensi kelautan. Poin-poin inilah yang dipantau parameternya melalui sampling.

“Sebagai fungsi koordinasi, Biro Ekonomi itu tupoksinya mengumpulkan bahan-bahan kebijakan untuk perekonomian daerah. Makanya, kami secara rutin mengadakan koordinasi ke daerah guna mensinkronkan kegiatan-kegiatan di bidang perekonomian seperti pengendalian inflasi daerah. Kemarin ada beberapa yang kami datangi antara lain Bombana, kemudian kami juga sudah pernah melakukan secara rutin di Konawe Selatan, Konawe dan wilayah kepulauan lain,” terangnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy