Indikasi Ketatnya Perebutan Parpol di Pilkada Muna – Kendari Pos
Politik

Indikasi Ketatnya Perebutan Parpol di Pilkada Muna


KENDARIPOS.CO.ID — Pilkada Muna kembali menjadi sorotan nasional dengan adanya pemalsuan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang diduga dilakukan salah satu pasangan calon. Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Dr. Muh Najib Husain menilai pemalsuan itu menjadi indikasi ketatnya persaingan perebutan pintu partai politik di Pilkada Muna.

“Indikasinya begitu. Karena salah satu pertimbangan partai mengeluarkan rekomendasi adalah hasil survei,” jelasnya. Akademisi UHO itu menerangkan, konstalasi politik pemilihan kepala daerah memang tidak bisa dipisahkan dari hasil survei. Namun sebagian besar, pelaksanaan survei biasanya ditangani langsung oleh partai. Meskipun sebagian diantaranya juga diserahkan kepada calon kontestan. Hasil survei selalu menjadi rujukan karena dari riset itu elektabilitas calon dapat diukur. “Tetapi untuk kasus pemalsuan hasil survei ini cenderung tidak lazim,” jelasnya.

Menurutnya, survei merupakan hasil kerja ilmiah dengan menggunakan metodologi yang jelas. Hasil survei ialah cerminan tanggapan masyarakat terhadap kinerja petahana maupun keberhasilan organisasi perangkat daerah dalam memberikan pelayanan publik. Termasuk, survei menjadi alat ukur tingkat penerimaan seorang bakal calon pada konstalasi politik. Sehingga, tindakan memanipulasi survei merupakan perbuatan menggiring opini yang berlawanan dengan fakta lapangan. “Ini perbuatan tercela dan mencederai nilai-nilai akademis,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pasangan calon yang melakukan manipulasi tersebut akan menerima konsekuensi politik karena meruntuhkan kepercayaan partai politik maupun masyarakat. Makanya, perbuatan itu akan merugikan pelaku sendiri. “Tetapi tidak akan signifikan mengancam karir politik karena sifatnya sesaat. Lembaga survei juga butuh hidup,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy