Implementasi Nilai Pancasila, Pemkot Baubau Gaungkan Semangat PO5 – Kendari Pos
Bau-bau

Implementasi Nilai Pancasila, Pemkot Baubau Gaungkan Semangat PO5

Wali Kota Baubau AS Tamrin (tengah), Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse (kiri), Ketua DPRD Baubau Zahari memakai pakaian adat saat mengikuti rangkaian peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual bersama Presiden Joko Widodo

KENDARIPOS.CO.ID — Di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8), Kota Baubau menggaungkan semangat PO5. Yaitu, popia-piara (saling memelihara), pomamasiaka (saling menyayangi), poangka-angkataka (saling mengangkat harkat), pomae-maeakan (saling menghargai) dan pobinci-binci kuli (toleransi).

Wali Kota Baubau AS Tamrin mengatakan semangat pancasila sejalan dengan nilai-nilai budaya masyarakat buton yang tertuang dalam P05. Menurutnya, pancasila dan PO5, sama sama bernuansa kekeluargaan dan gotong royong. Semangat PO5 itu digaungkan di masyarakat untuk menjaga persatuan. “Ini (PO5,red) sejalan dengan pancasila. Tidak ada yang bertentangan. Justru kita menerapkan pancasilasecara nasional dengan menerapkan nilai-nilai PO5, filsafat rasa,” kata AS Tamrin usai upacara HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, kemarin (17/8) di pelataran Kantor Wali Kota Baubau.

Katanya, PO5 merupakan implementasi dari “Sara Pataanguna” yang tertuang dalam mukadimah martabat tujuh Kesultanan Buton. Nilai tersebut sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Buton, yang diikat oleh falsafah binci-binciki kuli (tenggang rasa, sifat jujur pada diri sendiri dan representasi sifat religius) sebagai causa prima, rasa tanpa mengurangi nilai yang lainnya.

“Landasan filosofis PO5 adalah dari sarapataanguna. Landasan ideologinya adalah pancasila. Sedangkan landasan operasionalnya adalah revolusi mental. Ini berangkat dari kondisi kita sekarang, banyak tawuran terjadi. Di pemerintahan banyak penyalagunaan wewenang. Memang tidak semua, tetapi di sinilah kita untuk mengitrospeksi diri dengan nilai-nilai lokal kita,” terang Doktor jebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDM) Kampus Jatinangor, Provinsi Jawa Barat itu.

Di tengah pandemi Covid-19, implementasi semangat P05 dalam masyarakat Kota Baubau sangat dibutuhkan. Banyak masyarakat yang terdampak pandemi yang butuh uluran tangan. Karena itu Pemkot Baubau menyalurkan bantuan untuk meringankan beban warga. “Semangat binci-binciki kuli saat ini muncul. Banyak bantuan dari pihak ketiga untuk meringankan beban sesama yang terdampak ekonominya karena Covid-19,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan penerapan nilai-nilai budaya PO5 sudah mejadi kesepakatan kolektif bagi masyarakat Buton khususnya Kota Baubau. Sehingga diharapkan dapat menjadi bingkai pemersatu masyarakat. “Lima nilai yang dicetuskan itu adalah nilai-nilai luhur yang akan mengawal pola tindak, pola sikap dan berpikir kita. Harus menjadi roh dari setiap pergerakan masyarakat Baubau,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Baubau, Roni Muhtar menuturkan HUT ke-75 RI menjadi momentum untuk membangun kesadaran dalam pencegahan virus corona. ASN Baubau dapat meningkatkan kinerja untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Kita harapkan agar ASN dapat bekerja lebih baik, optimal dan penuh kesungguhan sesuai tupoksi masing-masing. Dengan begitu pengabdianya akan lebih berarti dalam mengisi kemerdekaan,” tandasnya. (ahi/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy