IAIN Kendari-SEAAM Launching ICONIK Secara Virtual – Kendari Pos
Edukasi

IAIN Kendari-SEAAM Launching ICONIK Secara Virtual

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari bersama Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM), resmi melaunching konferensi internasional yang diberi nama International Conference on Transdisciplinary Islamic Knowledge (ICONIK) secara virtual, Selasa (4/8/2020).

Dalam launching tersebut, turut hadir Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, Komite Saintifik SEAAM, Ismail Suardi Wekke, para Warek (I,II,III dan IV), para Dosen dan mahasiswa lingkup IAIN Kendari, serta beberapa awak media.

Komite Saintifik SEAAM, Ismail Suardi Wekke, menuturkan ICONIK merupakan kegiatan yang bertaraf internasional yang dijadwalkan pada 7-8 September 2020 mendatang. “Pelaksanaan dari konferensi ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan visi IAIN Kendari selaku perguruan tinggi negeri keagamaan yang ada di Indonesia, yang berkomitmen untuk tidak hanya unggul di dalam negeri namun juga unggul di kawasan Asia Tenggara,” tuturnya.

Lanjut dia, sejauh ini SEAAM dan IAIN Kendari telah menjadi mitra strategis dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Lebih dari itu, kemitraan IAIN Kendari juga telah terbangun dengan baik sejak pelaksanaan dari beberapa kegiatan diantaranya ICLAW pada tahun 2017 serta melaksanakan kegiatan mobility student ke tiga negara, yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand. “Kita optimis kegiatan konferensi internasional ini akan berlangsung sukses, meskipun akan terlaksana Ditengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ismail menambahkan, kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut nantinya akan menghadirkan delapan kynote speakers yang berasal dari beberapa negara seperti Jepang, Jerman, Afrika, Australia, Amerika Serikat, Malaysia. Sementara Turki dan China sedang tahap konfirmasi.

Lebih lanjut kegiatan tersebut juga akan melibatkan sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi negeri keagamaan yang ada di Indonesia hingga alumni IAIN Kendari yang tengah berada di beberapa negara untuk menjadi tim panel dalam ICONIK ini. “Alahmdulillah sejauh ini segala persiapan berlangsung tanpa kendala yang berarti, hingga pada launching secara virtual yang akan berlangsung pada hari ini. Tentu harapan kita kegiatan yang bertaraf internasional ini dapat berlangsung sukses, sehingga menghasilkan output yang bisa memberikan manfaat bagi peserta khusunya IAIN Kendari,” katanya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari Prof. Faizah Binti Awad menyampaikan bahwa, pelaksanaan konferensi ini tentu menjadi ajang untuk memperkenalkan IAIN Kendari di kancah internasional. Serta mendorong wujudnya publikasi ilmiah para Dosen dengan mahasiswa. “Tentu konferensi ini juga turut menjadi kesempatan bagi para dosen dan juga mahasiswa untuk menyajikan karya-karya ilmiah,” katanya.

Kendati Ditengah pandemi, Rektor tetap optimis kegitan ICONIK tersebut akan berlangsung sukses dengan target peserta yang tidak hanya berasal dari IAIN Kendari namun juga dari PTKIN yang ada di Indonesia serta dari luar Indonesia. “Dengan adanya konferensi internasional ini, juga turut menjadi nilai tambah bagi institusi yang sedang bertransformasi dari IAIN menuju UIN,” pungkasnya.

Sebagai informasi tema dari kegiatan ICONIK yakni, Islamic Education, Islmic Ekonomic and finance, Islamic Cominication, Islamic Legal Syistem, Tafsir and Hadis, Science and Teknologi, Ecologi and Environmental serta gender and Pysicologi. (idh).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy