Harga Nilam Melonjak, Cengkih Merosot – Kendari Pos
Kolaka Utara

Harga Nilam Melonjak, Cengkih Merosot

KENDARIPOS.CO.ID — Harga minyak nilam atau atsiri di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) saat ini berada pada kisaran Rp 670 ribu per kilogram. Nominal tersebut naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya dibanderol pada angka Rp 370 ribu. Kepala Dinas Perdagangan Kolut, Risal Natsir melalui Kasi Pengendalian Arus Barang dan Jasa Dinas Perdagangan Kolut, Syainal, mengakui, nilai jual yang bagus itu tak lepas dari sedikitnya hasil tanam dan diikuti tingkat permintaan tinggi. “Spot tanam tersebar banyak, tapi hasilnya sedikit-sedikit,” ujarnya, Rabu (26/8). Untuk jumlah produksi minyak nilam itu sendiri, pihaknya baru akan melakukan perekapan pada akhir tahun.

Selain nilam, harga biji kakao juga stabil dan diikuti dengan peningkatan hasil produksi. Ia mengatakan naiknya jumlah panen karena kakao revitalisasi sudah memasuki usia berbuah. “Naik 20-30 persen atau kisaran 1.300 ton hingga sekarang. Harga kakao minimal Rp 30 ribu sampai Rp 31 ribu per kilogram,” rinci Syainal. Harga yang ikut naik adalah lada. Budi daya tanaman itu tergolong baru digalakkan di Kolut namun telah mencapai hasil produksi hingga 800 ton atau naik 80 persen dalam kurun waktu tak terpaut lama dari masa tanam. Wilayah yang dominan menghasilkan rempah-rempah itu yakni Tolala, Purehu dan Lasusua. ” Harga di level pedagang antara Rp 41 ribu hingga Rp 42 ribu. Masih stabil,” katanya.

Yang membuat petani Kolut saat ini meradang karena anjloknya harga cengkih di tengah musim panen. Sekarang kata Syainal harganya antara Rp 42 ribu sampai Rp 45 ribu. Padahal sebelum panen, berada pada kisaran Rp 68 ribu. “Jadi musim ini sementara waktu produksinya naik 40 persen tetapi diikuti penurunan harga,” terangnya. Data Dinas Perdagangan Kolut meneyebutkan, harga cengkih di Bumi Patowonua pada tahun 2018 silam hingga Rp 90 ribu. 2019 berikutnya mentok pada angka Rp 63 ribu sampai Rp 67 ribu dan tahun ini lebih merosot lagi. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy