Guru Dituntut Kreatif Siapkan Bahan Ajar, Jangan Hanya Berikan PR – Kendari Pos
Edukasi

Guru Dituntut Kreatif Siapkan Bahan Ajar, Jangan Hanya Berikan PR

Siswa SDN 22 Kendari saat melaksanakan PBM secara Daring.

KENDARIPOS.CO.ID — Keterbatasan interaksi sebagai akibat pandemi Covid-29, mengharuskan PBM dilakukan secara Daring. Kondisi ini diharapkan mampu melahirkan ide kreatif guru dalam menyiapkan bahan
ajar.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, mengimbau para guru untuk lebih kreatif dalam membuat bahan ajar agar bisa dicerna dengan baik oleh siswa. Hal itu disampaikan Plt Dikmudora Kendari, Makmur. M.Pd., kemarin.

Menurutnya, kondisi pelaksanaan PBM saat ini, sangat dibutuhkan inovasi dan kreativitas tenaga pendidik agar kegiatan belajar dari rumah tetap bisa efektif, menyenangkan dan mudah dimengerti oleh siswa. “Inovasi para guru menentukan jalanya PBM ditengah pandemi Covid-19 ini dengan baik,” ungkapnya.

Kendati PBM saat ini tidak lagi memungkinkan berlangsung secara tatap muka antara guru dan siswa di sekolah. Paling tidak siswa bisa merespon pembelajaran yang diberikan oleh guru meskipun melalui Daring. Tentu hal tersebut dpaat berlangsung dengan adanya kreativitas dari para guru. “Saya mengimbau seluruh guru dilingkup Dikmudora yang menyelenggarakan PBM agar bisa mengemas materi bahan ajaranya dengan semenarik mungkin,” tuturnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para guru untuk menciptakan bahan ajar yang mudah dipahami, sejingga diharapkan akan ada respon balik yang dilakukan siswa terhadap gurunya. “Bahan ajar yang dipaparkan bisa disertai dengan gambar dan vidio yang berisi poin-poin pembahasan yang disertai dengan penielasan yang singkat. Para guru juga jangan melakukn penjelasan materinya dengan memakan waktu yang lama,” terangnya.

Selain itu, Makmur juga menegaskan agar para guru tidak memberikan beban tugas yang banyak kepada siswa. Hal ini dilakukan guna menghindari peserta didik untuk tidak kelelahan dalam melaksanakan PBM di tengah Covid-19 ini. “Intensitas pemberian tugas kepada siswa akan kita batasi. Seperti satu kali dalam seminggu saja. Mislanya dalam minggu ini diberikan tugas maka minggu depanya jangan lagi,” pungkas Makmur. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy