Gubernur Apresiasi BPTD Sultra, Kendari Pos dan Dishub – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gubernur Apresiasi BPTD Sultra, Kendari Pos dan Dishub


KENDARIPOS.CO.ID — Kunci utama menekan angka kecelakaan lalu lintas tak lain dan tak bukan adalah tertib berlalu lintas dan menjaga keselamatan jalan saat berkendara. Lakalantas terjadi biasanya diawali dengan pelanggaran lalu lintas. Entah memacu kendaraan di atas batas kewajaran, hingga melawan arus.

Kesadaran tertib lalu lintas dan keselamatan jalan mesti ditumbuhkan dalam setiap pengguna jalan demi menekan angka lakalantas. Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra menggelar Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2020 di Sultra.

Semangat dan misi utama yang diusung PNKJ 2020 ini adalah sosialisasi akan pentingnya keselamatan jalan sekaligus menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya kaum milenial akan keselamatan. Sebab, korban lakalantas saat ini di dominasi usia produktif. BPTD menggandeng Harian Kendari Pos dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra dalam sosialisasi keselamatan jalan.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengapresiasi kinerja BPTD, Kendari Pos dan Dishub Sultra dalam upaya optimalisasi pentingnya keselamatan jalan. Terlebih saat ini dalam rangkaian PNKJ 2020 BPTD bakal melakukan sosialisasi kepada para generasi muda dan masyarakat Sultra tentang aturan dalam berkendara. “Tentu sosialisasi keselamatan jalan akan sangat berguna bagi masyarakat kita. Upaya ini agar angka lakalantas bisa kita tekan. Apalagi dalam kegiatan ini, akan hadir langsung Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI,”terang kepada Kendari Pos, Senin (24/8) kemarin.

Gubernur Sultra dua periode itu menambahkan peran menumbuhkan kesadaran masyarakat dan menekan angka lakantas itu tak bisa dikerjakan sendiri. Perlu ada koordinasi dengan lembaga terkait seperti kepolisian. “Koordinasi inilah yang perlu ditingkatkan agar tingkat kecelakaan bisa terus melandai atau menurun,” ungkap Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina mengatakan, menurut data kepolisian, tiga sampai empat orang meninggal dunia per jam di Indonesia karena lakalantas. Bahkan, korban lakalantas di dominasi oleh usia produktif.

“Hampir setiap jam orang meninggal dunia akibat kecelakan di wilayah Indonesia. Nah, dengan program PNKJ ini kita harapkan ada kesadaran dari masyarakat dan kaum milenial, bahwa kalau mereka tidak berhati-hati, tidak pakai helm, dan lain sebagainya maka kecelakaan itu sulit ditekan. Rata-rata kecelakaan yang paling menonjol adalah kendaraan roda dua dan yang dominan meninggal itu pengendara roda dua. Satu-satunya jalan adalah menghidupkan transportasi umum. Ke depan kita perkenalkan bahwa transportasi publik itu sangat penting,”jelas Hado Hasina.

Mantan Pj.Wali Kota Baubau itu melanjutkan, sosialisasi keselamatan jalan ini sangat tepat momentumnya karena Sultra akan uji coba program zona keselamatan daerah. “Pemprov mengapresiasi dan mendukung setiap program pemerintah pusat apalagi ini merupakan program nasional. Terlebih ini demi kemajuan daerah,”ujarnya.

Kata Hado, karena Sultra menggagas program zona keselamatan, maka beberapa wilayah di Sultra akan menjadi kota yang selamat dan ini akan menjadi topik dalam sosialisasi PNKJ. Saat masih berproses karena secara nasional baru akan diuji coba di Sultra. “Tentu kita optimalkan, karena kita akan dijadikan percontohan. Apalagi ditingkat nasional belum ada program zona keselamatan. Kita mulai dari Sultra, jadi setiap simpang jalan akan dilengkapi fasilitas seperti yellow box serta traffic light. Upaya ini agar semua orang bisa nyaman dalam berkendara,”jelasnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy