Gerindra Usung Bakal Cakada di Muna, Butur, Koltim dan Wakatobi – Kendari Pos
Nasional

Gerindra Usung Bakal Cakada di Muna, Butur, Koltim dan Wakatobi

Ketua DPD Partai Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar (enam dari kanan) bersama para bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di Pilkada usai penyerahan surat rekomendasi Partai Gerindra di Hotel Claro Kendari, Senin (24/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Partai Gerindra Sultra melabuhkan pilihannya pada empat figur di Pilkada serentak. Gerindra memilih mengusung berlabuh pada satu petahana dan tiga penantang. Petahana diusung Gerindra adalah Arhawi di Pilkada Wakatobi, sedangkan penantang yakni Rajiun di Pilkada Muna, Aswadi Adam di Buton Utara, Samsul Bahri Madjid di Kolaka Timur.

Empat bakal calon kepala daerah itu menggenggam, rekomendasi Partai Gerindra yang diserahkan Ketua Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar sebelum Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) rakorda Gerindra di Hotel Claro Kendari, Senin (24/8) kemarin.

Ketua DPD Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar mengatakan, rekomendasi yang diberikan kepada bakal calon bupati dan wakil bupati merupakan hasil penjaringan yang ketat dan berkualitas. Setiap kandidat yang mendapat rekomendasi, dinilai memiliki kans besar dan berpotensi kuat memenangkan kontestasi Pilkada.

“Perhitungan politiknya, figur-figur yang didukung adalah kandidat terbaik. Dan kami optimis mereka bisa meraih suara rakyat terbanyak pada pemilihan 9 Desember 2020 nanti,”kata Andi Ady Aksar kepada Kendari Pos, Senin (24/8).

Semua komponen kader baik tingkat DPD, DPC, ranting hingga anak ranting, kata dia, wajib bersatu padu dan bekerja keras untuk membersamai figur yang diusung sesuai wilayah kerja masing-masing. Bergerak di tengah masyarakat untuk menggaet simpati maupun dukungan massa. Dan tidak perkenankan kader yang bekerja diluar koridor perintah partai. Jika ditemukan kasus demikian, maka akan ditindak tegas dan pasti dikenakan sanksi.

“Semua kader wajib bergotong royong memenangkan kandidat yang diusung. Mengikuti alur strategi politik partai dan diharamkan menghadirkan gerakan yang bertentangan dengan ketentuan strategi politik partai. Harus satu komando, satu perintah, dan satu tujuan yaitu kemenangan,”terangnya.

Andi Ady Aksar menjelaskan, tersisa dua daerah yang belum ditetapkan nama figur yang akan di dukung, yakni Konsel dan Konut. Di Konsel Gerindra punya 5 kursi di parlemen, sedangkan di Konut tidak memiliki kursi. Kendati demikian, pihak DPP tetap akan menentukan kandidat yang akan di dukung. “Untuk waktu penetapan rekomendasi dukungan di dua daerah tersebut, akan di umumkan dalam waktu dekat,”tandas Andi Ady Aksar.

Sementara itu, pengamat politik Sultra, Dr. Najib Husain menganalisa pergerakan yang dilakukan Gerindra Sultra ingin melakukan gebrakan besar tampil menjadi partai yang eksis di jazirah Sultra. Indikatornya terlihat dari arah dukungan Gerindra, mayoritas berlabuh ke figur dengan komposisi koalisi partai yang minim partai besar seperti PDIP dan Golkar.

“Langkah ini sebagai wujud untuk menciptakan pengaruh besar diantara partai-partai lainnya. Apalagi Gerindra punya misi besar kedepannya, seperti akan mendorong kadernya maju di Pemilihan Gubernur 2023 nanti. Termasuk bagian dari menjemput kontestasi Pilpres 2024 yang mana Prabowo masih akan di dorong tampil sebagai bakal calon presiden,”kata Najib Husain kepada Kendari Pos, Senin (24/8).

Namun keberhasilan untuk eksis menjadi partai besar, kata dia, tergantung pada hasil Pilkada nanti. Yakni kerja-kerja para kader dalam merayu masyarakat untuk menjatuhkan pilihan kepada figur yang diusung.

“Jika semua figur yang diusung membuahkan hasil gemilang, maka akan memberikan angin segar dan kemudahan bagi Gerindra untuk menggapai misi di ajang pemilihan selanjutnya,”tandas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (UHO) itu.

Sementara itu, bakal calon Bupati Kolaka Timur, Samsul Bahri Madjid mengaku sangat bersyukur Partai Gerindra mengusungnya di Pilkada tahun 2020. Mantan Pj. Sekab Koltim menyampaikan, bergabungnya partai Gerindra akan menambah kekuatan untuk memenangkan pertarungan.

“Saya optimistis menang di Pilkada 2020. Haqul yakin, usaha dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil,” ujarnya.

Samsul Bahri Madjid tampil di Pilkada serentak tahun 2020 dengan menggandeng Hj.Andi Merya Nur, Wakil Bupati Koltim saat ini. Dukungan Gerindra menambah kekuatan mesin politik, pasangan Samsul Bahri Madjid-Hj.Andi Merya Nur menjadi 11 kursi. Komposisi parpol pengusung Samsul Bahri-Andi Merya yakni Partai Demokrat (3 kursi), PAN (4 kursi), PDIP (3 kursi) dan Partai Gerindra (2 kursi). “Masyarakat membutuhkan perubahan dalam membangun Koltim. Kami akan deklarasi pada hari Kamis, 27 Agustus 2020,” imbuhnya.

Bakal calon Wakil Bupati Muna, La Pili yang mewakili tandemnya Rajiun menerima rekomendasi Gerindra mengapresiasi dukungan DPP Gerindra kepada pasangan Rajiun-La Pili (Rapi) di kontestasi Pilkada Muna. La Pili menegaskan akan menjaga kepercayaan Gerindra dengan meraih kemenangan.

“Dengan tambahan 3 kursi dari partai Gerindra, kian menambah optimisme kami untuk menjuarai kontestasi Pilkada nanti. Keyakinan itu akan menjadi semangat besar seluruh pendukung, simpatisan dan tim pemenangan untuk bekerja optimal dan paripurna meraup perolehan suara terbanyak,”kata La Pili kepada Kendari Pos, Senin (24/8).

Usai menerima Surat Keputusan (SK) rekomendasi, La Pili langsung membangun komunikasi, konsolidasi koalisi partai dan penyatuan misi dimatangkan bersama pengurus DPC Gerindra Muna. “Dari pertemuan itu, mereka berkomitmen patuh dan siap mengikuti arahan keputusan partai. Mereka akan mengerahkan seluruh kader Gerindra di Muna, termasuk anggota DPRD fraksi Gerindra agar wajib bekerja optimal untuk memenangkan Pilkada Muna,”tandas La Pili.

Kokohkan Sinergi, Tatap Misi Besar

Usai dilantik menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar bergerak cepat dalam konsolidasi kader melalui Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Gerindra Sultra yang digelar di hotel Claro, Senin (24/8) kemarin. Rakorda Gerindra turut dihadiri Gubernur Sultra Ali Mazi dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh.

Rakorda bermuara untuk mengeratkan sinergi sesama kader, dari tingkat DPD, DPC, hingga anak ranting. Menguatkan langkah menatap dan mengaktualisasilan berbagai misi besar Gerindra dimasa yang akan datang.

Ketua DPD Gerindra Sultra Andi Ady Aksar mengatakan, rakorda sebagai wahana mengokohkan simpul-simpul energi di tubuh internal partai. Karena amat banyak target besar yang menjadi sasaran Gerindra untuk diraih. Agenda politik sudah di depan mata yakni Pilkada. Ke depan akan ada Pilgub, Pemilu dan Pilpres 2024. Komitmen partai disemua lini ajang pemilihan, maka para kader akan di dorong untuk menduduki posisi strategis tersebut menjadi bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, hingga level gubernur.

Untuk Pilpres, telah diputuskan di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 8 Agustus 2020, yakni mendukung kembali Prabowo Subianto . Target awal yang akan dicapai periode kepemimpinannya yaitu memenangkan para kader maupun figur yang di usung di Pilkada serentak akhir tahun ini.

“Yang menjadi sasaran utama awal, yakni memenangkan para kader maupun para figur yang di usung pada Pilkada 9 Desember 2020. Semua kader wajib bergerak satu komando dan satu perintah berjuang memenangkan calon Bupati maupun Wakil Bupati yang direkomendasikan oleh DPP Gerindra di enam daerah yang gelar Pilkada,”kata Andi Ady Aksar kepada Kendari Pos.

Babak Pilkada 9 Desember 2020, kata dia, seperti apapun hasilnya, tetap akan menjadi batu loncatan menuju misi selanjutnya. Makanya, harapan kemenangan besar semua kader maupun figur yang di usung, harus benar-benar terwujud. Titik poin keberhasilannya terletak pada kerja maksimal para kader dan akselerasi diseluruh lini pergerakan yang telah digariskan.

“Para kader tidak diperkenankan keluar dari koridor strategi politik yang diinstruksikan. Karena itu, diperlukan sikap hati-hati, tenang dan fokus pada tujuan. Yakin dan percaya, Gerindra akan jaya,”terang pria murah senyum itu.

Sementara itu, Gubernur Ali Mazi mengatakan Partai Gerindra termasuk salah satu partai besar yang ada di Sultra dan di Indonesia. Ia berharap ke depan Gerindra Sultra konsisten berperan menciptakan sumbangsih inovatif pada aspek perpolitikan dan pembangunan daerah. Khususnya berperan dalam menyajikan nuansa politik berkualitas dan sehat sebagai bagian kontribusi mengentaskan berbagai polemik masyarakat dan memajukan Sultra.

“Kendati peran dan fungsi berbeda dengan pemerintah, namun tujuan kita sama yakni meraih kemenangan dan menyejahterakan masyarakat Sultra. Itulah cita-cita luhur dan sasaran utama kita semua,”tandas Gubernur Sultra dua periode itu. (m6/kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy