Gerindra ke Rajiun, PAN Jadi Penentu – Kendari Pos
Politik

Gerindra ke Rajiun, PAN Jadi Penentu

Bakal Calon Bupati Muna LM. Rajiun Tumada menyapa masyarakat dan pendukungnya di Pelabuhan Nusantara, Raha.

KENDARIPOS.CO.ID — Konstelasi Pilkada Muna semakin menarik menyusul sikap Gerindra yang resmi mendukung pasangan LM. Rajiun Tumada-La Pili. Partai Amanat Nasional (PAN) kini menjadi penentu jumlah pasangan calon yang akan berlaga di Pilkada Muna.

Dua pasang calon telah resmi mengunci tiket Pilkada. Masing-masing petahana LM. Rusman Emba-Bahrun Labuta yang didukung PDIP, Golkar, PKB dan PKS dengan jumlah 14 kursi. Sementara LM. Rajiun Tumada-La Pili resmi diusung Demokrat, Gerindra, Nasdem dan PPP dengan total 10 kursi.

Kandidat berikutnya yang telah mengantongi dukungan partai namun belum mencukupi syarat pencalonan adalah Syarifuddin Udu – Hasid Pedansa yang didukung Hanura lima kursi serta LM. Baharuddin dengan satu kursi PAN.

Hanura bisa mengusung satu pasang calon bila PAN mau berkoalisi. Namun jika partai besutan Zulkifli Hasan memilih bergabung di kubu LM. Rusman Emba ataupun LM. Rajiun Tumada, Pilkada Muna akan menyajikan pertarungan head to head.

Sikap PAN sendiri sampai saat ini masih setia pada LM. Baharuddin. PAN belum berpikir mengalihkan dukungan. Justru disaat yang sama, PAN membuka diri berkoalisi dengan Hanura namun dengan syarat LM. Baharuddin berpasangan dengan Syarifuddin Udu. “Kami masih terus membuka diri untuk kemungkinan berkoalisi. Posisinya jelas, LM. Baharuddin harus 01 karena amanat undang-undang,” kata Lukman, Sekretaris DPC PAN Kab. Muna.

Meski demikian, PAN memastikan akan tetap berkontribusi dalam Pilkada Muna dengan mengusung salah satu figur. Semua figur sampai saat ini masih mungkin diusung PAN. Sikap final itu akan diumumkan dalam waktu dekat “Kita tunggu saja dalam minggu ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh mengatakan partainya akan memberikan kejutan di Pilkada tahun ini. Ia optimis akan mengembalikan kejayaan PAN di Sultra. “Kita lihat saja, bagaimana kejutan PAN. Kita selalu evaluasi. PAN paling unik dalam mengambil keputusan di pilkada tujuh kabupaten,” ungkap Ketua DPRD Sultra itu. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy