Gedung Perpustakaan Diprediksi Rampung November 2020 – Kendari Pos
Metro Kendari

Gedung Perpustakaan Diprediksi Rampung November 2020

Penyelesaian konstruksi pembangunan Perpustakan berbasis Internasional mencapai empat puluh persen,di Jalan Sao-Sao, Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Konstruksi gedung perpustakaan kini telah berdiri kokoh. Kini, pengerjaan gedung berlantai tujuh ini sudah masuk ke tahap pengerjaan eksterior. Selain itu, pekerja mekanikal dan elektrikal mulai memasang jaringan instalasi. Jika tak ada kendala, pengerjaan proyek senilai Rp akan rampung satu bulan sebelum kontrak berakhir.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul mengatakan pengerjaan gedung perpustakaan telah masuk tahap eksterior. “Insya Allah, bisa rampung sesuai target. Sebelum grand opening, kemungkinan akan digelar soft opening atau penyerahan ke Dinas Perpustakaan untuk pengerjaan interiornya,” jelasnya.

Pada tahap finishing lanjut Ketua Perbasasi Sultra ini, pihaknya akan menggunakan tenaga yang bersertifikasi. Sebab gubernur ingin pengerjaan benar-benar sempurna dan sesuai dengan gambar.

“Kebijakan ini sudah kita terapkan pada pengerjaan Masjid Al Alam. Semua tenaga ahli finishing memiliki sertifikat. Kita kroscek, referensi dan pengalaman kerjanya. Pada prinsipnya, pemerintah ingin proyek ini dikerja bukan asal-asalan,” ujar Pahri Yamsul.

Selain itu, pihaknya turut menggunakan tenaga arsitek yang telah memiliki pengalaman. Jumlah tenaga ahli yang akan direkrut masih akan bertambah namun secara bertahap dan sesuai kebutuhan.

“Untuk pengembangan kapasitas tenaga konstruksi, kami telah meminta DPRD agar mengalokasi anggaran untuk Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) untuk kegiatan pelatihan. Dengan begitu, tenaga kerja konstruksi kita di Sultra bisa tersertifikasi,” katanya.

Project Manager PT Bumi Sidendreng, Hasbullah optimis pengerjaan gedung perpustakaan bisa dirampungkan sesuai kontrak. Bila melihat progres saat ini, ia bahkan yakin proyek ini bisa rampung sebelum lebih cepat atau bulan November. “Jika tidak ada kendala, target itu bisa kita selesaikan. Kita maksimalkan apa yang ada,”ungkapnya.

Dalam menggenjot proyek ini, perusahaannya melibatkan 100 pekerja. Untuk pekerja konstruksi dan stuktur gedung sebanyak 60 orang. Yang mana, 20 orang bagian eksteriror dan 40 interior gedung. Selebihnya pekerjaan Mekanikal dan Elektrikal (ME).

“Untuk ME, kita baru mulai pekerjaannya sebelum lebaran. Kita memang baru mulai garap karena lahannya juga sudah ready. Untuk ME saya masih posisi 15-an orang pekerja. Mungkin tambahan nanti, untuk pekerja arsitektur kubah ada tambahan lagi cuma yang baru on side sekarang baru 7 orang. Jadi kurang lebih ada seratur orang lebih pekerja yang kita optimalkan saat ini,”kata Hasbullah.

Sejauh ini, pengerjaannya masih berjalan lancar. Kendati proyeknya digenjot, pihaknya tetap mengutamakan keselamatan pekerjaan terutama menyangkut penerapan protokol kesehatan. “Kalaupun ada lembur biasanya hanya sampai jam 10 malam. Jangan sampai kita push, terjadi apa-apa,” pungkasnya. (b/rah)

Perpustakaan Modern

Tahap I
Rampung 100 persen

Konstruksi 4 lantai sudah berdiri

Anggaran Rp 28 Miliar

Tahap II
Lantai 5 hingga 7 Dibangun
Finishing Interior dan Eksterior
Anggaran Rp 62 miliar

Diprediksi Rampung Desember 2020
Total Anggaran Rp 90 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy