Gandeng Warga, Pemkot Kendari Dorong Pembangunan Masjid – Kendari Pos
Metro Kendari

Gandeng Warga, Pemkot Kendari Dorong Pembangunan Masjid

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah) mengecek penerapan protokol kesehatan di Masjid Al Alam

KENDARIPOS.CO.ID — Menjadi kota yang bertakwa dan religius menjadi dambaan setiap pemerintah daerah di Indonesia. Di Sultra, predikat itu tersemat di Kota Kendari. Tak ingin hanya menjadi label belaka, Pemkot mengaplikasikannya dalam bentuk pembangunan rumah ibadah. Pemkot tak sendiri, melainkan bekerjasama dengan warga dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Beberapa masjid masih dalam proses pembangunan. Disamping itu, sudah ada juga yang sudah tuntas pembangunannya dan sudah menggelar salat berjamaah.

Momentum 1 Muharram 1442 Hijriyah menjadi bukti Pemkot sangat serius untuk menjadikan Kendari sebagai kota yang bertakwa dan religius. Di jalan Balai Kota, Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia, Pemkot bersama warga membangun masjid yang diberi nama Masjid Al-Ikhlas. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meletakkan batu pertama pembangunannya. Ia pun berpesan kepada pengurus masjid agar semangat dalam proses pembangunan sehingga jika terealisasi nantinya bisa dijadikan sebagai tempat ibadah dan pembinaan keumatan.

“Saya menyambut baik pembangunan masjid ini. Mudah-mudahan semangat kita ini untuk menghadirkan kebaikan ditengah masyarakat terus bergelora dan mewarnain hari-hari kita, sehingga daerah kita terus dinaungi keberkahan oleh Allah SWT,” kata Sulkarnain.

Sebagai bentuk dukungan, Sulkarnain menyumbangkan sekira 100 sak semen. Meski tak seberapa, Sulkarnain berharap bisa meringankan beban pembangunan masjid. Ia pun mengajak warga agar tak ragu berpartisipasi dalam pembangunan rumah ibadah. “Masyarakat tidak perlu ragu, kalau ada pembangunan masjid, ikuti. Ini investasi akhirat. Apakah itu dalam bentuk setetes keringat, apakah itu ide apalagi berwujud materi, Insya Allah berkah,” kata Sulkarnain.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Kendari, Hj. Siska Karina Imran mendampingi Wakil Gubernur Sultra, H. Lukman Abunawas meresmikan Masjid An-Nur di Kawasan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga (1/8) lalu. Saat itu, Siska mendapat kesempatan membuka pintu masjid secara perdana dan menyerahkan sejumlah alat ibadah kepada pengurus masjid.

“Alhamdulillah, bertambah lagi satu masjid baru di Kota Kendari. Mewakili pemerintah saya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga Buhari Matta (Mantan Bupati Kolaka) dan pemerintah setempat yang sudah membangun masjid di Kendari,” tuturnya.

Siska beraharap, Masjid An Nur bisa melayani jamaah utamanya yang bermukim dikawasan Lepo-lepo san sekitarnya. “Kini masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kekota untuk beribadah. Dalam melayani jamaah, pengurus masjid juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Sediakan tempat mencuci tangan serta membatasi jarak antar jamaah,” kata Siska.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sultra, yang juga Ketua Dewan Masjid Sultra H. Lukman Abunawas berharap, masjid yang bisa menampung sekira 300 jamaah itu bisa menjadi tempat pembinaan sekaligus menjadi tempat pengembangan islam, khususnya pengembangan majelis taklim, remaja masjid dan taman pengajian Al-Qur’an.

“Bisa juga sebagai tempat edukasi dan dakwah. Pembangunan masjid itu penting untuk lebih meningkatkan keimanan kita dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Kami akan selalu suport jika ada pembangunan masjid didaerah ini,” pungkasnya. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy