Gaji 13 Cair : PNS Konawe Semringah, Pemkab Konut Masih Tunggu Juknis – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

Gaji 13 Cair : PNS Konawe Semringah, Pemkab Konut Masih Tunggu Juknis

KENDARIPOS.CO.ID — Senyum 6.080 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terlihat lebih semringah. Mulai hari ini, pundi-pundi rupiah di dompet para pemegang Nomor Induk Pegawai (NIP) tersebut bakal bertambah. Pemkab Konawe sudah memastikan akan membayarkan gaji 13 yang sudah lama dinantikan para abdi negara itu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, HK Santoso, mengatakan, petunjuk teknis (Juknis) dari Pemerintah Pusat ihwal pembayaran gaji 13 telah sampai di mejanya, beberapa hari lalu. Ketentuan mengenai pembayaran gaji 13 itu, tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 tahun 2020 tentang pemberian gaji, pensiun, tunjangan atau penghasilan ke-13 tahun 2020 kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pegawai non-PNS dan pensiunan. Dengan pedoman itu, ia pun menjamin tambahan penghasilan bagi 6.080 ASN lingkup Pemkab Konawe akan segera disalurkan.

“Regulasinya sudah ada. Jadi, kita siap bayarkan,” ujarnya, Selasa (11/8), ditemui di kantor BPK RI Perwakilan Sultra. Santoso menambahkan, sejak kemarin, proses administrasi pembayaran tambahan penghasilan bagi ASN itu sudah dikerja oleh staf di BPKAD Konawe. Sehingga, hari ini dana tersebut akan mulai dicairkan. Ia menyebut, gaji 13 tersebut dibayarkan lewat pos anggaran yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU). Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 28 miliar. Komponen gaji 13 yang dibayarkan itu, sambungnya, terdiri dari besaran gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan para ASN. “ASN di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe dapat gaji 13 ini. Termasuk, pejabat eselon I dan II yang kemarin tidak menerima THR,” tandas Kepala BPKAD Konawe itu.

Berbeda dengan situasi di Konawe, pihak Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konawe Utara (Konut), justru masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) pencairan gaji 13 tersebut. Kepala BKAD, Marthen Minggu, beralasan, hampir semua kabupaten/kota belum ada yang dibayarkan. Yang, pasti semua daerah menunggu dulu petunjuk pusat secara tertulis.

“Seperti Peraturan Menteri Keuangan. Biasanya turun dulu peraturan pemerintah baru dijabarkan, berapa jumlahnya dan siapa yang menerima. Yang jelas kita masih tunggu Juknisnya,” ujar mantan Kepala Inspektorat itu, kemarin. Ia menjelaskan, besaran gaji 13 yang akan diterima oleh abdi negara di Konut, tidak jauh beda yang akan diterima dengan gaji reguler ASN. “Kalau untuk gaji 13 yang disiapkan Pemkab Konut itu sekitar Rp 11 miliar untuk seluruh ASN. Gaji reguler sekira Rp 12 miliar. Tidak ada dana khusus yang dikirim untuk gaji 13. Yang benar itu, ada dana setiap bulan ditransfer ke daerah. Tergantung daerah mengondisikannya, supaya ada porsi untuk gaji 13,” pungkasnya. (b/adi/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy