Empat Aksi Penanganan Stunting Dituntaskan – Kendari Pos
Buton

Empat Aksi Penanganan Stunting Dituntaskan

KENDARIPOS.CO.ID — Stunting atau kondisi gagal pertumbuhan pada anak, dapat menjadi parameter tinggi rendahnya kualitas sumber daya manusia. Makanya, stunting sangat berpengaruh pada produktivitas dan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Sehingga pencegahan stunting sangatlah penting. Demikian halnya di Buton, stunting juga masuk sebagai prioritas bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Kepala Bappeda Kabupaten Buton selaku Ketua Tim Penanggulangan Stunting, Ahmad Mulia, memaparkan, permasalahan stunting tidak bisa hanya diselesaikan melalui program gizi saja meski ini identik dengan kekurangan nutrisi. Sehingga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu melakukan kegiatan yang terkoordinir dan terpadu pada sasaran prioritas.

“Program stunting dilaksanakan secara terintegrasi oleh beberapa OPD untuk melakukan intervensi spesifik dan sensitif. Semua sementara berjalan pada tahun ini,” kata Ahmad Mulia, Senin (10/8). Terintegrasi itu dimaksudkan bahwa mulai dari tahap perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, hingga pemantauan serta evaluasi harus melibatkan seluruh stekholder terkait.

Ia menyebut ada delapan tahapan aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting. Hingga saat ini Buton sudah menuntaskan empat aksi. “Terkait data stunting telah kami laporkan ke dalam sistem aplikasi pelaporan Kementerian Dalam Negeri. Dari delapan rencana aksi yang telah dipenuhi sesuai tahapan adalah aksi satu, empat, lima dan aksi delapan sementara proses berjalan,” rincinyanya. Lanjut dia, lokus stunting tahun 2020 masih meliputi 10 desa. Itu berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013. Untuk tahun 2021 mendatang, sudah ditetapkan 25 desa sesuai dengan hasil analisis situasi. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy