Dukungan Gerindra di Konkep Bisa Berubah – Kendari Pos
Politik

Dukungan Gerindra di Konkep Bisa Berubah

SAFARULLAHH


KENDARIPOS.CO.ID — Manuver politik masing-masing kandidat untuk merebut tiket berlaga di Pilkada Konawe Kepulauan (Konkep) kian mengemuka. Dua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati telah memenuhi syarat pencalonan setelah memegang rekomendasi parpol yang punya kursi di parlemen. Mereka adalah petahana H. Amrullah-Andi Muhammad Lutfi didukung Demokrat 3 kursi, PKB 3 kursi, PKPI 2 kursi, NasDem 2 kursi dan PDI-P 1 kursi. Musdar-Ilham Jaya Maal mengunci PAN 3 kursi dan PKS 1 kursi.

Ada pasangan calon Abdul Halim-Untung Taslim yang berlaga melalui jalur independen. KTP dukungan yang dimasukan kandidat perseorangan ini masih diverifikasi KPU setempat. Duet Muhammad Oheo Sinapoy-Mutaqin Siddik juga punya hasrat untuk bertarung di pesta demokrasi. Oheo didukung Gerindra 1 kursi, masih mencari koalisi parpol. Syarat pencalonan yang didukung parpol atau gabungan parpol, minimal memiliki empat kursi parlemen.

Sekretaris Umum DPD Gerindra Sultra Saffarullah, membenarkan rekomendasi Gerindra jatuh ke Oheo Sinapoy. Namun masih butuh koalisi agar memenuhi syarat pencalonan. “Menjadi tanggung jawab calon untuk mencukupkan koalisi,” katanya, Rabu (12/8). Katanya, bila sampai deadline waktu yang ditentukan, Oheo Sinapoy-Mutaqin Sidik belum juga mendapat koalisi, Gerindra akan berpaling. “Waktunya masih tentatif, yang jelas Gerindra akan mengusung calon yang akan berlaga di Pilkada,” beebrnya.

Safarullah mengakui bila Gerindra mempunyai kader yang juga ikut berkompetisi di Pilkada Konkep. Mengapa Gerindra tidak mengusung Ketua DPC Gerindra Konkep Untung Taslim untuk maju? ia mengatakan Gerindra memang dilema. Di satu sisi, punya kader ikut bertarung lewat jalur independen. Namun rekomendasi ini sudah menjadi putusan DPP Gerindra, jadi harus ditindaklanjuti. DPP pasti punya pertimbangan yang kuat ketika menentukan pilihannya.

Sekadar informasi, sisa dua parpol yang belum menentukan sikap di Pilkada Konkep. Golkar yang mempunyai tiga kursi parlemen dan PPP satu kursi.(san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy