Dugaan Kasus Penambangan Ilegal, Penyidik Periksa Manajemen Panca Logam – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Dugaan Kasus Penambangan Ilegal, Penyidik Periksa Manajemen Panca Logam

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik Subdit IV Ditreskrimsus Polda Sultra terus mengumpulkan data terhadap kasus dugaan pelanggaran penambangan yang menyeret nama PT Panca Logam Makmur di Kabupaten Bombana. Saat ini, kasus yang dilaporkan PT Ayuta Mitra Sentosa masih dalam tahapan penyelidikan. Sejumlah saksi dari PT PLM telah dipanggil untuk diperiksa.

Direktur Ditreskrimsus Polda Sultra, Kombes Pol Heri Tri Maryadi mengaku ada beberapa saksi yang telah dimintai keterangannya dari pihak manajemen PT PLM. Sayangnya, ia tak merinci jumlah dan siapa saja saksi-saksi tersebut. Menurut Heri, saat ini penyidik masih fokus pada persoalan pelanggaran yang dilakukan PT PLM. “Kita belum tahu pasti ini pelanggarannya. Karena laporannya juga baru kita terima dan masih pengaduan. Inikan, perkara antara internal mereka,” katanya yang dikonfirmasi di Polda Sultra, Selasa (4/8)

Perkara ini kata dia, berawal dari dugaan Perdata di internal. Sebagian dari mereka telah membuat komitmen untuk tidak melakukan aktivitas selama tahun 2015-2019, karena masih dalam perpanjangan izin. Namun, ternyata ada aktivitas. Hanya saja, dalam perkara ini, ia tidak menyentuh bagian dari izin usaha pertambangan (IUP) yang tidak sesuai dengan mekanisme.”Karena kalau IUP, bukan urusan kami. Intinya perkara ini masih dalam bentuk pengaduan, kita sementara minta keterangan,” tandas Kombes Pol Heri Tri Maryadi.

Untuk diketahui, H Adi Warman PT Ayuta Mitra Sentosa melalui kuasa hukumnya, Rizky Mualif melaporkan kasus PT PLM di Polda Sultra. Pelaporan tersebut beerkaitan dengan persoalan izin perpanjangan IUP, pada tahun 2015-2019. Diketahui, perusahaan pengeruk Emas tersebut tak memiliki perpanjangan izin dalam kurun tahun tersebut, namun tetap beraktivitas. Dinas Pelayanan Penanaman Modal dan Satu Pintu Sultra baru mengeluarkan izin baru pada tahun 2020. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy